Dinas Pertanian Pekanbaru Jamin Stok Sapi untuk Bulan Puasa dan Lebaran Aman

Dinas Pertanian Pekanbaru Jamin Stok Sapi untuk Bulan Puasa dan Lebaran Aman
Sapi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dinas Pertanian Kota Pekanbaru menjamin stok daging sapi di Kota Pekanbaru selama bulan puasa hingga Idul Fitri aman. Pasalnya, ada 335 ton daging yang akan disediakan untuk memenuhi permintaan Masyarakat Pekanbaru.

Kepala Dinas Peternakan Kota Pekanbaru Sentot D Prayitno kepada RiauAktual.com, Kamis (4/7/2013) mengatakan, menjelang pihaknya sudah melakukan koordinasi dan kesepakatan dengan 23 pedagang daging sapi di Pekanbaru untuk memenuhi pasokan daging sapi untuk kebutuhan puasa dan lebaran.

"Jadi, stok cukup selama puasa dan lebaran ini hasil kesepakatan kita dengan 23 orang pedagang ada 1.617 ekor sapi yang siap dipotong selama sebulan atau 335 ton daging sapi," ujar Sentot.

Menurut Sentot, sapi yang akan disembelih ini dipasok dari lokal dan luar kota. Untuk lokal jumlahnya mencapai 841 ekor atau 52 persen. Sementara sisanya, 48 persen dari luar Riau seperti Lampung , Sumatra Barat, dan Medan.

"Pasokan daging sapi kita terbanyak dari dalam atau lokal mencapai 52 persen, sisanya luar Riau," terangnya.

Terkait harga, Sentot juga memastikan, harga daging sapi tidak akan melonjak tajam. Ia mengatakan, harga tertinggi diperkirakan Rp100 ribu perkilonya pada puncak perayaan Idul Fitri.

"Sementara menjelang puasa, harga paling tinggi hanya Rp 90-92 ribu perkilogramnya," sebut Sentot.

Untuk itu, himbaunya, masyarakat tidak perlu panik dengan harga daging sapi. Pasalnya, dengan stok yang banyak maka harga otomatis akan bertahan dan tidak akan melambung.

"Mana berani mereka jual mahal, karena stok banyak apalagi kalau tidak ada yang beli maka harga hanya diperkirakan Rp90-92 ribu. Paling maksimal diperkirakan Rp 100 ribu," tambahnya.

Laporan: VR
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index