DPRD Minta Pemko Pekanbaru Sediakan Jalur Khusus Sepeda

DPRD Minta Pemko Pekanbaru Sediakan Jalur Khusus Sepeda
Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Roni Amriel. FOTO: Riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Guna menunjang program bersepeda ke sekolah menjadi berhasil diterapkan di Kota Pekanbaru, Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Roni Amriel mengatakan, kedepan perlu adanya dukungan dalam bentuk pembangunan infratruktur di sekolah yang representatif sehingga ada jalur aman bagi siswa dalam bersepeda dan keselamatan pelajar juga dapat terjamin.

"Mulai sekarang Disdik dan Bappeda harus membuat perencaan, artinya setiap kecamatan harus ada SD, SMP dan SMA yang disesuaikan dengan kapasitas penduduknya, sehingga siswa tidak perlu lagi sekolah jauh dari tempat tinggal mereka, dengan begini maka program bersekolah dengan sepeda dapat berjalan maksimal," tutur Roni, Kamis (27/6/2013).

Kemudian, setelah ini diputuskan maka DPRD akan lakukan aplikasi anggaran untuk menjalankan program ini dengan cara menganggarkan pembebasan lahan, revitalisasi sekolah dan penambahan ruang sekolah baru, sehingga daya tampung sekolah untuk anak tempatan dapat dilakukan dengan maksimal dan anak-anak dapat berangkat ke sekolah mereka dengan bersepeda.

"Saat ini masih ada anak sekolah yang tinggal di Kecamatan Sukajadi namun sekolah di Panam, artinya kalau mereka bersekolah dengan sepeda ke Panam, tentu sangat tidak masuk akal, jika menggunakan kendaraan umum memakan biaya tinggi, sehingga mau tidak mau mereka harus menggunakan sepeda motor," katanya.

Disamping itu kita juga minta ketegasan dari aparat kepolisian untuk bersikap tegas terhadap pelajar yang menggunakan sepeda motor ke sekolah, dalam aturan mereka jelas melanggar, segera beri sanksi untuk efek jera, jika dibiarkan maka program yang bagus ini tidak akan jalan.

"Peran serta orangtua sangat diperlukan, jika sekolah melarang, polisi melarang, namun orangtua memperbolehkan dipastikan program ini tidak akan jalan," imbuhnya.

Laporan: RI
Editor: Riki
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index