Dewan Minta Pemerintah Tangap Tangani Kabut Asap

Dewan Minta Pemerintah Tangap Tangani Kabut Asap
Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Sondia Warman SH. (RA1

PEKANBARU (RA) - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sondia Warman SH meminta agar instansi terkait seperti Dinas kehutanan dan Dinas Penanggulangan Pencana Alam serta dinas-dinas terkait lainnya termasuk aparat hukum sudah tanggap dengan fenomena kabut asap yang belakangan ini makin mencemaskan Kota Pekanbaru dan Riau umumnya.

"Atas kabut asap yang muncul belakangan ini khususnya di Kota Pekanbaru, tentunya sangat menghambat aktifitas masyarakat secara meluas. Maka dari itu, diminta instansi terkait serta aparat hukum agar tanggap segera mungkin," ujar Sondia Warman saat dikonfirmasi RiauAktual.com, Rabu (27/06).

Dikatakan Sondia, penegakan hukum terkait pembakaran lahan oleh perusahaan-perusahaan besar sepertinya tidak berupaya maksimal dalam melakukan tindakan, sehingga sejauh ini, musibah musiman ini sulit untuk dikendalikan.

"Seharusnya pelaku yang membakar hutan itu ditindak. Kita tidak mengatakan aparat hukum lemah dalam soal ini namun memang kenyataannya demikian. Kita belum pernah mendengar, ada yang ditahan akibat membakar hutan secara-besaran. Kecuali, kasus-kasus kecil dengan pembakaran satu atau dua hekare oleh rakyat biasa," katanya lagi.

Khususnya di Kota Pekanbaru, kabut asap akibat pembakaran lahan yang dilakukan oleh masyarakat tentunya membuat Kota Pekanbaru tidak nyaman lagi, padahal dalam situasi saat ini, pemerintah sudah sangat perlu melakukan pengawasan agar keadaan tidak bertambah parah.

"Kita minta agar instansi terkait memberikan sanksi setegas mungkin kepada pihak yang ketahuan melakukan pembakaran lahan. Karena efek jera kepada pelaku harus sudah terjadi. Untuk itu dengan kejadian ini kita menghimbau kepada masyarakat agar menguranggi aktifitas di luar ruangan sejauh tidak terlalu penting, karena kabut asap akibat kebakaran hutan bisa menyebabkan  penyakit Inveksi Saluran Pernapasan (ISPA)," pungkasnya. (RA3)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index