Sinergi TNI dan Pemda Dalam Membangun Desa

Sinergi TNI dan Pemda Dalam Membangun Desa
Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-90. FOTO: tni.mil.id

PEKANBARU, RiauAktual.com - Setelah tiga minggu lamanya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-90 dan TMMD Imbangan Tahun Anggaran 2013, yang diselenggarakan di Wilayah Kodam I/Bukit Barisan, akhirnya secara resmi telah ditutup oleh Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit, Senin (3/6/2013).

Mambang Mit yang membacakan Amanat Panglima Komando Militer I/BB, dalam upacara penutupan TMMD Ke-90 dan TMMD Imbangan TA 2013 mengatakan, atas kerjasama dan kesungguhan dari segenap unsur Komando dan pelaku TMMD, serta keikutsertaan masyarakat, maka kegiatan yang diselenggarakan tersebut dikatakannya telah berhasil.

"Lebih kurang tiga minggu lamanya, para prajurit dan stakeholder Instansi Pemerintah Daerah, serta segenap komponen masyarakat telah mampu berbaur dan bekerjasama guna menyelesaikan program TMMD ini," kata Mambang.

Kebersamaan tersebut, lanjutnya, dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini merupakan lambang sinergi positif dalam mengatasi permasalahan bangsa, termasuk membantu Pemda dalam menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat.

"Yang secara langsung maupun tidak langsung akan bermuara kepada semakin meningkatnya kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 031 Wira Bima Dirgen TNI Teguh Rahardjo, Walikota Pekanbaru H Firdaus MT, serta beberapa pejabat Pemerintah Kota Pekanbaru. Teguh Rahardjo ditemui usai upacara penutupan TMMD mengatakan, dalam waktu 21 hari, 150 personil Kodam bekerjasama dengan masyarakat telah banyak berbuat untuk lingkungan.

"Yang kita hasilkan ada dua, fisik dan non fisik. Kalau yang fisik ini seperti pengerasan jalan, pembangunan infrastruktur ibadah seperti masjid, ada juga bedah rumah untuk masyarakat dan sebagainya. Sementara non fisik ini seperti menjaga rasa kebersamaan dan kekompakan antar sesama warga negara," paparnya.

Laporan: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index