Halte Trans Metro Pekanbaru Asal Bangun

Halte Trans Metro Pekanbaru Asal Bangun
Halte trans metro yang asal bangun di Jalan HR Soebrantas Panam Pekanbaru. FOTO: rtv.com

PEKANBARU, RiauAktual.com - Mengejar target launching 50 unir Bus Trans Metro Pekanbaru pada 23 Juni 2013, yakni sempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke-229, Pemerintah Kota Pekanbaru pun menyediakan halte di koridor yang akan dilalui 50 unit bus tersebut. Karena kejar target, Pemko melalui Dinas Pekerjaan Umum membangun halte asal-asalan dan membahayakan pengguna jalan.

Demikian dikatakan Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/5/2013). Sigit meminta Dinas PU kembali melakukan kajian terhadap pembangunan halte tersebut sebelum dipergunakan, karena dibangun asal-asalan dan membahayakan pengguna jalan.

"Saya lihat di Jalan HR Soebrantas, tepatnya di Persimpangan Jalan Delima, halte itu dibangun terlalu dekat dengan persimpangan. Saya yakin kalau dioperasikan, di simpang itu akan macet dan rawan kecelakaan," kata Sigit.

Selain dibangun terlalu dekat dengan persimpangan jalan, kata Sigit, halte tersebut juga dibangun terlalu berdempetan dengan badan jalan. Sudah dipastikan lagi, kata politisi Partai Demokrat ini, akan terjadi kemacetan ketika bus TMP mengambil penumpang di halte tersebut.

"Mungkin pemerintah berasumsi, penumpang banyak menunggu di persimpangan, tapi tak dikaji, bagaimana dampaknya. Apa lagi halte yang bibirnya masuk ke badan jalan, salah-salah pengendara bisa saja menabrak halte yang masuk ke badan jalan itu," jelasnya.

Ditambahkan Sigit, DPRD telah memanggil Dinas PU dan dinas lainnya yang terkait dengan TMP tersebut. Hanya saja, dalam hearing saat itu, tidak ada dibahas masalah halte yang dibangun di persimpangan dan terlalu dekat bibir jalan.

"Setelah pembangunannya berjalan, baru kita tahu, ternyata halte itu dibangun asal jadi saja dan membahayakan pengguna jalan. Saya minta lakukan lagi kajian. Kalau perlu bongkar halte yang salah tempat itu," imbuhnya.

Laporan: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index