Naguib: Penerapan Kurikulum 2013 Sebaiknya Ditunda

Naguib: Penerapan Kurikulum 2013 Sebaiknya Ditunda
Kabid TK/SD Pekanbaru Drs H Nagoib Nasution. FOTO: Ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kabid TK/SD Pekanbaru Drs H Nagoib Nasution mengatakan, adanya rencana pemerintah pusat melalui Kemendikbud yang akan menerapkan Kurikulum 2013, maka sebaiknya penerapan Kurikulum 2013 ditunda.

"Penerapan Kurikulum 2013 oleh Kemendikbud tidak merata. Karena penerapan kurikulum 2013 tersebut hanya untuk sekolah eks RSBI dan sekolah yang berakreditasi A saja, sedangkan sekolah akreditasi B/C tidak diterapkan, jadi bisa dibilang sebagai ajang uji coba," katanya, Senin (20/5/2013).

Katanya, jika tidak berhasil program tersebut, maka di sekolah yang berakreditasi B/C tidak akan bisa diterapkan. "Sebaiknya penerapan Kurikulum 2013 ditunda dulu sebab penerapan kurikulum hendaknya dilakukan di seluruh sekolah dari semua jenjang pendidikan dan sebaiknya sebelum diterapkan Kurikulum disempurnakan terlebih dahulu," pintanya.

Naguib juga menjelaskan, berdasar pengalaman menjadi Tim Penyusun Kurikulum KTSP, maka sejak disusunnya Kurikulum dan setelah dikaji kemudian disempurnakan memerlukan waktu hampir 5 tahun, barulah Kurikulum tersebut diterapkan.

"Karena untuk menyusunnya membutuhkan waktu yang lama, saya menyarankan penerapan Kurikulum di sekolah sebaiknya ditunda dahulu. Lebih baik disempurnkan lagi dan bisa diterapkan secara merata, karena sampai saat ini saja pelatihan atau sosialisasi Kurikulum 2013 belum dilakukan kepada tenaga pendidik maupun masyarakat luas, kalaupun harus diterapkan tahun ajaran nanti tidak yakin akan berhasil dengan baik," paparnya.

Laporan: Ade Lestari
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index