BMKG Catat Bulan Mei Ini Cuaca Ekstrim Tertinggi Terjadi di Kota Pekanbaru

BMKG Catat Bulan Mei Ini Cuaca Ekstrim Tertinggi Terjadi di Kota Pekanbaru
Kantor BMKG Kota Pekanbaru

PEKANBARU, RiauAktual.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru merilis bahwa kondisi temperatur suhu untuk Kota Pekanbaru dan sekitarnya mengalami suhu ekstrim, 35,5 Derajat Celsius.

Hal ini disampaikan kepala stasiun BMKG, Ferry Sitorus melalui ketua analisa Warih Budi Lestari saat dihubungi melalui selulernya, Selasa (14/5/2013). Dikatakan Warih, temperatur suhu mengalami kenaikan dari hari Ahad (12/5/2013) lalu yang juga ekstrim 35,2 derajat celsius.

"Temperaturnya 35,5 derajat Celsius, dan ini sudah ekstrim. Sepanjang Mei, angka ini menjadi yang tertinggi dari sebelumnya," kata Warih menjelaskan.

Kondisi ini disebutkan Warih terjadi karena adanya gangguan tekanan rendah di sebelah barat Aceh. Jadi, masa udara tertarik ke wilayah gangguan. Sementara itu, untuk kondisi  angin, umumnya bertiup dari arah Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 8 – 30 km/jam.  

"Karena angin lapisan bawah agak kencang, dan pembentukan awan konvektif awan penyebab hujan menjadi terganggu," jelasnya lagi.

Menurut Warih, diprediksikan dalam dua hari kedepan kondisi panas akan sama. Tapi temperature akan turun, "Peluang hujan sangat kecil, kalau ada pun hujan terjadi di pesisir pantai timur Riau," katanya.

Oleh karena kondisi panas yang terjadi cukup dirasakan oleh masyrakat Pekanbaru, maka BMKG mengimbau supaya masyrakat mengurangi kegiatan di laur rumah. "Karena kondisi seperti ini bisa mengganggu kesehatan," tuturnya.

Selain itu, Warih juga mengingatkan supaya waspada terhadap pembakaran hutan dan lahan. Karena kondisi panas terik seperti ini sangat mudah menjalar api. "Waspadai saja kebakaran hutan dan lahan, karena dapat menimbulkan masalah baru, seperti asap kabut," imbuhnya.

Laporan: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index