Inilah Faktor Utama Pembuat Macet di Kota Pekanbaru

Inilah Faktor Utama Pembuat Macet di Kota Pekanbaru
illustrasi. (RA1)

PEKANBARU (RA) - Belakangan ini banyak trafik light di persimpangan jalan protokol Kota Pekanbaru yang padam pasca pemadaman PLN yang dilakukan beberapa pekan lalu. Padamnya trafik light ini telah menyebabkan kemacetan yang tinggi di persimpangan jalan, bahkan tidak jarang terjadi kecelakaan.

Berdasarkan tinjauan langsung di lapangan yang dilakukan RiauAktual.com, trafik light yang mati tersebut bergantian sesuai dengan aliran pemadaman PLN.

Menanggapi hal ini, Kadishub Kota Pekanbaru, Sayuti saat ditemui RiauAktual.com, Senin (25/6/2012) mengatakan, ada dua trafik light yang padam, Jalan Soekarno Hatta, Arifin Achmad, dan Tuanku Tambuasai.

"Pada saat bersamaan batrai gak ngisi sehingga trafik liht  padam, karena batrai ini otomatis terisi oleh aliran listrik. Kalau listrik padam dalam waktu cukup lama, terjadilah pemadaman ini," kata Sayuti.

Diterangkan Sayuti lebih jelas, bahwa daya tahan batrai trafik light setelah padam hanya 6 jam. Sisanya maka trafik light tidak akan berfungsi. Sementara untuk jumlah trafik light saat ini ada 32 di setiap simpang. Kondisinya tidak semuanya yang bagus, hanya 85 persen saja yang kondisinya menjanjikan, sementara yang lainnya rusak dengan kondisi parah hingga ringan.

"Ada dua yang tidak berguna sama sekali, di persimpangan Sokarno Hatta menuju jalan Riau dan Subrantas lama, ada juga yang batrainya melemah. Rencananya yang rusak ini akan diganti dengan yang baru, menunggu pembangunan jalan selesai lah," pungkasnya. (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index