Tata Krama Merokok yang Baik

Tata Krama Merokok yang Baik
ilustrasi. int

RiauAktual.com - Merokok saat ini merupakan hal yang dipandang sebagai perbuatan yang tidak baik, terkesan nakal karena kata para ahli kesehatan merokok dapat mengganggu kesehatan. Berbeda jika kita lihat kegiatan merokok sekitar tahun ’80-an. Pada masa itu merokok merupakan perbuatan yang membanggakan, atau paling tidak biasa saja, tidak ada yang salah dengan merokok. Bahkan film-film di era itu dapat dipastikan ada adegan merokoknya, sekalian iklan juga.

Meskipun tetap merokok dan tak mampu berhenti dari ketergantungan terhadap rokok, maka dalam rubrik ini redaksi RiauAktual.com akan memaparkan tata krama merokok yang baik:

1. Merokoklah di tempat yang telah disediakan. Sekarang telah banyak tempat-tempat umum yang dilengkapi smoking area, maka gunakanlah.

2. Ciptakan No Smoking Area sendiri. Walaupun dalam PP Nomor 109 Tahun 2012 telah diwajibkan setiap tempat umum untuk memiliki smoking area

3. Kenali gelagat orang di sekitar anda. Ketika anda merokok kemungkinan ada orang lain di dekat anda yang tidak suka dengan asap dari rokok anda. Jangan menunggu untuk ditegur, lihat saja gelagat orang tersebut (mengibaskan tangannya di depan hidung, menutup hidung, batuk-batuk sambil merengut) dan segera matikan rokok anda dengan sebuah kesadaran.

4. Pastikan bara api pada puntung rokok benar-benar mati sebelum membuangnya. Kalau kata orang Jawa diceceg (dimatikan) dulu sampai bara apinya benar-benar padam baru kemudian buanglah pada tempatnya (tidak harus tempat sampah, yang penting dibuang pada tempat yang tepat). Ini semua demi keamanan dan kebersihan.

Tulisan Redaksi RiauAktual.com

Berita Lainnya

View All