Perdes Tarai Bangun Soal Sampah Segera Dibentuk

Perdes Tarai Bangun Soal Sampah Segera Dibentuk
Sampah di Desa Tarai Bangun. FOTO: Riki

TAMBANG, RiauAktual.com - Camat Tambang Rakhmat.S.Sos memimpin bersih-bersih lingkungan di desa Tarai Bangun kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Sasaran kebersihan pada Jumat bersih tersebut adalah tumpukan sampah yang tersebar dibeberapa titik di jalan Kubang Raya desa Tarai Bangun.  Kegiatan  Jumat bersih tersebut diikuti oleh seluruh aparat desa Tarai Bangun dan juga Lembaga Desa (Anggota BPD),  serta warga masyarakat. Kegiatan pengangkutan sampah tersebut juga dibantu oleh Dinas Kebersihan Kabupaten Kampar dengan mendatangkan 4 mobil dump truk pengangkut sampah.

Kepala Desa Tarai Bangun Drs.H. Kamiruddin kepada RiauAktual.com disela kegiatan kebersihan mengatakan bahwa tumpukan sampah yang ada di jalan tersebut berasal bukan hanya dari warga desa saja tetapi juga dari warga kota Pekanbaru yang membuang sampah menggunakan kendaraan roda dua dan empat di wilayah Desa Tarai Bangun.
Dikatakan Kades upaya untuk menekan agar warga jangan membuang sampah di jalan sudah dilakukan pihak desa dengan himbauan kepada RT dan RW sestempat khususnya perumahan untuk bekrja sama dengan pihak lain dalam menangani masalah sampah diperumahan.  Dilain pihak saat ini pemerintah desa tengah menggodok Perdes tentang larangan pembuangan sampah yang saat ini tengah dalam proses konsolidasi dengan  instansi terkait.

“Sampah di desa Tarai Bangun ini diperkirakan satu hari mencapai lebih 1 ton, dan untuk itu perlu penanganan serius yang harus melibatkan seluruh pihak.  Untuk itu kami berharap agar pemkab Kampar dapat mengalokasikan satu unit mobil sampah untuk desa Tarai Bangun ini, karena  daerah ini merupakan daerah pemukiman dan berkembang,” ujar H Kamiruddin.

Sementara itu Camat Tambang, Rakhmat.S.Sos mengatakan bahwa  permasalahan sampah di Tarai Bangun ini sudah lama terjadi, untuk itu perlu dicarikan solusi agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Dikatakan Camat, pihak RT dan RW harus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah dijalanan, karena akan menimbulkan efek negatif, disamping merusak pemandangan juga akan menimbulkan penyakit bagi masyarakat sekitarnya.

“Kita akan membuat Perdes tentang sampah yang saat ini tengah digodok pemerintah desa dan juga kita akan memberikan sanksi tegas bagi mereka yang kedapatan membuang sampah dijalanan,” ujar Camat Tambang.

Laporan: Rinaldo
Editor: Riki

Berita Lainnya

View All