Mitos tentang hewan (Foto:Thespurce)

Boleh Percaya Boleh Tidak, Ini 5 Mitos Hewan Peliharaan yang Perlu Diketahui

Minggu,14 Januari 2018 - 00:43:26 WIB Di Baca : 6904 Kali

Riauaktual.com - MEMILIKI hewan peliharaan sangat menyenangkan. Kalau majikannya sayang, hewan-hewan tersebut akan patuh terhadap pemiliknya.

Hewan peliharaan seperti kucing, anjing, atau ikan bisa menjadi obat dikala sedang stres saat mereka menunjukkan aksi lucu. Namun, dibalik itu ada mitos-mitos seputar hewan peliharaan yang belum terpecahkan hingga saat ini. Berikut, Okezone telah merangkum dari berbagai sumber.

Kucing hitam

Loading...

Sejak zaman Rasulullah SAW, kucing sudah menjadi hewan peliharaan. Kini banyak pula orang yang memelihara kucing. Namun kucing hitam sepertinya tidak terlalu menjadi pilihan. Hal itu disebabkan karena mitos yang beredar seputar kucing hitam.

Menurut mitos, kucing hitam membawa kesialan. Misalnya apabila seseorang sedang pergi untuk suatu urusan kemudian di tengah jalan lewat kucing hitam, maka katanya urusan akan sia-sia. Di tambah jika kucing hitam melompati mayat, maka konon katanya mayat akan terbangun.

Kucing masuk rumah

Kucing banyak berkeliaran dimana-mana. Maka tak heran banyak kucing tak bertuan. Biasanya kucing-kucing itu masuk ke dalam rumah yang bukan majikannya. Nah, menurut mitos jika ada kucing tak bertuan masuk ke rumah maka orang-orang yang ada di rumah tersebut akan beruntung. Karena si kucing disebut membawa keberuntungan.

Anjing mengaung

Mitos yang beredar di masyarakat meyakini apabila anjing menggonggong lalu mengaung berarti akan terjadi bahaya. Ditambah jika anjing mengaung pada malam hari itu adalah pertanda ada makhluk halus di sekitarnya.

Dikejar anjing

Entah ini mitos atau trik. Banyak orang yang takut dengan sosok anjing. Sebab anjing memang galak jika melihat orang asing. Makanya, bila anjing melihat orang baru yang mencurigakan mereka bisa menyerang. Menurut mitos, untuk menghindari serangan anjing disarankan jangan lari. Sebab kalau lari anjing akan mengejar dan semakin curiga. Jadi sebaiknya ambil posisi jongkok, karena saat posisi seperti itu anjing akan takut karena seolah orang yang jongkok sedang mengambil batu untuk menimpuknya.

Ikan

Budaya Indonesia dipengaruhi oleh budaya China. Salah satunya adalah mitos ikan. Orang China meyakini ikan-ikan tertentu dapat membawa keberuntungan. Misalnya ikan nirwana. Ikan nirwana dipercaya membawa keberuntungan dan menggambarkan status sosial seseorang. Semakin mahal harga ikan, maka semakin tinggi tingkat status sosial seseorang.

Kemudian ikan louhan. Ikan louhan memiliki tulisan ditubuhnya seperti tulisan Cina. Beberapa tulisan dianggap memiliki arti. Semakin bagus artinya maka harganya semakin mahal dan membawa banyak keberuntungan, rezeki salah satunya.

 

 

Sumber : okezone.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...