Penemuan Kuburan Bayi di Boyolali, Polisi Amankan Satu Pelaku

Penemuan Kuburan Bayi di Boyolali, Polisi Amankan Satu Pelaku

Riauaktual.com - Tak butuh waktu lama, polisi berhasil mengungkap kasus penemuan kuburan orok di samping rumah salah seorang warga di Dukuh Tegalsari, Desa Canden, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Rabu sore. Satu orang pelaku malam ini sudah diamankan petugas.

"Iya, satu orang pelaku sudah kami amankan," ujar Kasat Reskrim Polres Boyolali AKP Miftakul Huda, Rabu (3/1/2017) malam. 

Setelah mendapat laporan penemuan kuburan bayi, petugas Polsek Sambi segera mendatangi lokasi kejadian dan melakukan olah TKP. Petugas juga mengumpulkan barang bukti dan memintai keterangan sejumlah saksi. 

Berkat usaha keras itu, akhirnya petugas berhasil mengungkap pelakunya hanya beberapa jam, setelah kejadian penemuan kuburan bayi. Satu orang pelaku malam ini sudah diamankan. "Pelaku berinisial R," jelasnya. 
 

Dijelaskan, saat ini pelaku masih dimintai keterangan untuk dilakukan pendalaman. Termasuk kemungkinan adanya orang yang membantu pelaku menguburkan orok yang masih ada tali pusarnya tersebut. 

Pelaku yang diamankan tersebut, kata dia, seorang perempuan. Perempuan berinisial R ini yang melahirkan dan menguburkan orok tersebut. 

"Untuk bayinya kami bawa ke RSUD Dr Moewardi Solo untuk dilakukan otopsi guna mengetahui penyebab kematiannya," kata Miftakul Huda. 

Seperti diberitakan sebelumnya penemuan orok yang dikubur di pekarangan rumah salah seorang warga setempat, Rabu sore tadi. Diduga, bayi yang masih ada dengan tali pusarnya tersebut baru saja dilahirkan sebelum dikubur. 

Kuburan orok bayi misterius tersebut ditemukan di belakang rumah Reni (20), di dekat sumur. Orok yang dibungkus kain putih itu hanya dikubur sedalam sekitar 30 cm. 

Kali pertama ditemukan oleh warga setempat, Rio Pujianto (29), yang rumahnya bersebelahan dengan rumah Reni. Dia sengaja berkeliling sekitar rumahnya karena penasaran dengan Reni yang kemarin malam meminjam cangkul dengan alasan untuk menanam bunga. 

"Saya curiga, malam-malam kok menanam bunga itu bunga apa yang ditanam. Saya berkeliling pekarangan dan menemukan gundukan tanah di samping sumur," kata Rio. 

Dia pun menemukan gundukan tanah disamping sumur di belakang rumah Reni. Penasaran, gundukan tanah itu digali dan ditemukan bungkusan kain warna putih. Setelah dibuka bersama sejumlah warga sekitar, ternyata berisi orok. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polsek Sambi. (detik.com/wan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index