Dilantik Presiden, Marsekal Hadi Tjahjanto sah jadi Panglima TNI

Dilantik Presiden, Marsekal Hadi Tjahjanto sah jadi Panglima TNI
Pelantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. ©puspen tni

Riauaktual.com - Presiden Joko Widodo melantik Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Marsekal Hadi menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jumat (8/12).

Pelantikan dimulai pada pukul 17.00 WIB yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan pembacaan keputusan presiden (keppres) tentang pemberhentian Jenderal Gatot Nurmantyo dan pengangkatan Marsekal Hadi sebagai Panglima. Keppres pelantikan yaitu nomor 83 TNI tahun 2017.

Presiden menyematkan tanda pangkat kepada mantan Sekretaris Militer itu. Setelah itu, Jokowi mengambil sumpah Marsekal Hadi sebagai Panglima TNI.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya, untuk diangkat pada jabatan ini. Baik langsung maupun tidak langsung. Dengan rupa atau dalih apapun juga tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu kepada siapapun juga," kata Marsekal Hadi membacakan sumpah.

"Bahwa saya, tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja dari siapapun juga yang saya tahu atau patut mengira bahwa dia mempunyai hal bersangkutan dengan jabatan atau pekerjan saya."

"Bahwa saya senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit," tegasnya.

Setelah membacakan sumpah, Marsekal Hadi menandatangani surat pengangkatan. Disaksikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index