Agar Profesional, Polantas di Pekanbaru Latihan TPTKP

Agar Profesional, Polantas di Pekanbaru Latihan TPTKP
Personel Satlantas Polresta Pekanbaru saat mengadakan pelatihan penanganan korban laka lantas, Selasa (28/11). Foto IG

Riauaktual.com - Puluhan personel SatlantasPolresta Pekanbaru, mengadakan latihan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) laka lantas, Selasa (28/11).

"Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan individu personel polisi lalu lintas (Polantas," kata Kasatlantas Polresta Pekanbaru, Kompol Rinaldo Aser.

Dia mengatakan, latihan ini diikuti puluhan personel yang berlangsung di ruangan Bunga Kiambang Polresta Pekanbaru.

Pihaknya dalam kegiatan itu, bekerja sama dengan Ditlantas Polda Riau, yang melatih personel untuk penanganan kecelakaan lalu lintas.

Rinaldo mengatakan, materi pelatihan disampaikan oleh Kasir Laka Ditlantas Polda Riau Kompol Bambang Sugeng.

Dalam materi itu, personel polantas lebih profesional dalam menangani perkara laka lantas.

"Itu untuk menghindari terjanya komplain dari masyarakat," ujar Ribaldo.

Selain memberikan pelatihan secara materi, pelatihan juga dilakukan dengan praktek dilapangan tepatnya di jalan Cut Nyak Dien, di samping pustaka wilayah (Tugu Pon).

Dalam skenario dilapangan, seorang pengendara sepeda motor terlibat kecelakaan lalu lintas sehingga pengendara sepeda motor mengalami luka luka.

Tim Unit Laka Lantas Satlantas Polresta Pekanbaru lalu tiba dilokasi kecelakaan dan langsung melakukan olah TKP, cek kondisi korban, dan membuat sketsa gambar di TKP.

"Kita mencari saksi yang benar-benar berkompeten guna mendukung penyidikan personil," materi Kasir Laka yang diucapkan Rinaldo.

Kata dia, pelatihan terhadap personel dilakukan guna untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat apabila terjadinya laka lantas.

Sehingga, dalam penanganan kecelakaan lalu lintas dapat berjalan secara profesional, agar mempercepat memberikan kepada masyarakat. (IG)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index