Imbang Leg Kedua Melawan Swedia, Italia Absen di Piala Dunia 2018

Imbang Leg Kedua Melawan Swedia, Italia Absen di Piala Dunia 2018
Timnas Swedia (Foto: Reuters)

Riauaktual.com - Tim Nasional (Timnas) Italia berhadapan dengan Swedia di leg II playoff Piala Dunia 2018 zona Eropa, pada Selasa (14/11/2017) dini hari WIB. Timnas Italia wajib menang minimal dengan keunggulan dua gol untuk mengamankan satu tempat di Piala Dunia 2018.

Sayangnya, sejumlah peluang belum mampu dikonversi menjadi gol. Skor 0-0 antara Italia vs Swedia masih bertahan hingga usai. Hasil ini membuat Gli Azzurri –julukan Timnas Italia– absen di Piala Dunia 2018 karena kalah agregat 0-1 dari Swedia.

Babak Pertama

Timnas Italia yang sadar bahwa ia harus menang dengan keunggulan dua gol langsung tampil menyerang. Kali ini kesempatan hadir melalui Ciro Immobile namun sayang aliran bola mampu dihentikan dengan baik oleh Andreas Granqvist.

Begitu juga serangan yang sempat dibangun oleh Matteo Darmian di menit lima. Kerja sama dengan Alessandro Florenzi, sayangnya umpan yang diberikan tak mampu dimaksimalkan oleh Antonio Candreva.

Asyik menyerang, pertahanan Timnas Italia sempat kaget dengan serangan balik yang dilakukan oleh Swedia. Demi menjaga gawang Timnas Italia tak kebobolan, Girgio Chiellini memilih untuk menghentikan bola dan wasit menganggap dia melakukan pelanggaran yang berbuah kartu kuning.

Pelanggaran kembali dilakukan Chiellini di menit 13 setelah melanggar Sebastian Larsson di kotak terlarang. Beruntung bagi Italia, sang pengadil lapangan tak menganggap sebagai pelanggaran berat sehingga penalti tak diberikan bagi kubu Swedia.

Peluang datang bagi Italia di menit 16. Immobile mendapakan umpan dari Jorginho setelah beradu sprint dengan pemain belakang Swedia. Sayangnya bola hanya berada tipis di samping gawang setelah Immobile melakukan tendangan.

Memasuki pertengahan babak pertama, kedua tim belum juga mendapatkan gol. Padahal di menit 27, Italia kembali mendapatkan peluang emas. Sayangnya umpan dari Jorginho kembali tak mampu dimanfaatkan oleh Immobile.

Memasuki lima menit terakhir babak pertama, kedua tim belum juga menghasilkan gol. Skor 0-0 belum berubah hingga turun minum.

Babak Kedua

Imbang di paruh pertama, membuat Italia makin ngotot di babak kedua. Memasuki menit 49, Chiellini berusaha merangsek ke daerha pertahanan Swedia untuk menghasilkan peluang yang berharap bisa dikonversi sebagai gol.

Namun umpan yang dikirimkan oleh Darmian setelah dapat bola operan dari Chiellini kepada Gabbiadini belum menghasilkan gol. Sebab bola mampu dihalau dengan baik oleh Granqvist.

Di menit 53, Italia kembali mendapatkan peluang. Kali ini peluang tersebut tercipta melalui aksi dari Florenzi. Sayangnya peluang tersebut masih belum membuahkan gol. Selepas itu, Italia terus mencoba untuk mencetak gol.

Memasuki menit 60, Italia semakin mendominasi serangan. Di menit 64, Immobile kembali mendapatkan peluang. Candreva kembali memberikan umpannya kepada Immobile sayangnya bola masih mampu diamankan oleh kiper.

20 menit waktu normal tersisa, Florenzi sukses memotong serangan balik yang dilancarkan oleh Swedia, aman lagi gawang kawalan Buffon. Di menit 77, Florenzo kembali memiliki  peluang untuk membawa Italia unggul. Sayangnya usaha itu masih mampu digagalkan kiper Swedia.

Memasuki 10 menit terakhir waktu normal, Italia masih mencoba mencari cara untuk mencetak gol. Andrea Belotti yang masuk menggantikan Gabbiadini mencoba untuk melakukan tendangan dari luar kotak penalty sayangnya tendangan tersebut masih melebar tipis.

Kesempatan juga datang dari Swedia. Melalui serangan balik usai memotong bola operan Italia, Forsberg berlari dan langsung memberikan umpan kepada Berg sayangnya tendangan membentur salah satu bek Italia.

Kesempatan kembali dimiliki oleh Italia di menit 83, sayangnya umpan dari Florenzi yang diterima oleh Parolo tak mampu dikonversi menjadi gol. Peluang itu menjadi yang terakhir dalam laga tersebut dan skor 0-0 bertahan hingga usai.

Susunan Pemain

Italia XI: Buffon, Barzagli, Bonucci, Chiellini, Darmian, Candreva, Parolo, Jorginho, Florenzi, Immobile, Gabbriadini.

Swedia XI: Olsen, Granqvist, Lustig, Lindelof, Augustinsson, Johansson, Larsson, Claesson, Berg, Toivonen, Forsberg.

 

Sumber: okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index