Wako Buka Festival Danau Kayangan

Wako Buka Festival Danau Kayangan

PEKANBARU (RA0- Salah satu upaya menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Pekanbaru ke-228, pemko Pekanbaru menggelar  Festival Danau Kayangan di Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir.

Festival yang di selenggaraklan dua hari yakni Sabtu dan Minggu di buka secara resmi oleh wali kota Pekanbaru   Firdaus MT dengan melibatkan sejumlah warga dan pihak berkepentingan lainnya untuk tujuan pariwisata serta budaya.           

"Tujuan Festival Danau Kayangan itu untuk memajukan pariwisata agar wisatawan lokal maupun mancanegara bersedia berkunjung ke daerah ini," kata Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus.

Dia mengatakan, upaya yang dilakukan Pemko Pekanbaru dalam mendukung festival tersebut yakni memperbaiki sarana maupun prasarana pendukung serta memperbaiki jalan menuju obyek wisata Bandar Kayangan.

Dalam  festival tersebut digelar sejumlah kegiatan diantaranya lomba perahu dayung, lomba perahu tongkang, bazar UKM, kaligrafi Islam, lomba mewarnai bagi anak SD dan SMP serta lomba band antar siswa se-Kota Pekanbaru.

Selain itu, panitia festival juga mengadakan lomba bercerita dihadapan massa tentang sejarah Kota Pekanbaru oleh para siswa SMA dan sederajat.

Namun pada lomba perahu dayung di Danau Kayangan tersebut diikuti puluhan peserta diantaranya dari Kecamatan Rumbai Pesisir, Sukajadi, Bukit Raya, Tenayan Raya, Payung Sekaki, Tampan, Rumbai, Marpoyan Damai, dan Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru.

Bahkan panitia juga menggelar bazar kerajinan rakyat dan makanan tradisional seperti cendol beras, ikan bakar khas daun, aneka makanan dari singkomg dan sagu.

Ketua Pelaksana Festival Danau Kayangan yang juga Kepala Dinas Pariwisata Pemko Pekanbaru Destrayani Bibra  mengatakan pihaknya mengelar acara tersebut terkait peringatan HUT Kota Pekanbaru yang ke-228.

Menurut Bibra bahwa diharapkan usai Festival Danau Kayangan tersebut banyak turis lokal maupun mancanegara yang mengunjungi obyek wisata yang terletak sekitar 12 km arah utara Kota Pekanbaru.

"kita berharap ini jadi agenda tahunan pemko Pekanbaru," tandasnya. (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index