Agar pisau untuk potong daging kurban tajam (Foto:Tigerchef)

Pastikan Pisau Anda Tajam untuk Potong Daging Hewan Kurban, Simak 3 Tipsnya

Jumat,01 September 2017 - 08:52:15 WIB Di Baca : 20248 Kali

Riauaktual.com - Peran pisau sebagai alat masak cukup vital, pasalnya hampir semua bahan makanan disiapkan dan dipotong menggunakan pisau. Jadi ketajaman pisau jadi hal utama lancarnya proses memasak, termasuk saat digunakan untuk memotong daging kurban yang akan dimasak.

Ada beragam jenis pisau yang tersedia di pasaran, semuanya memiliki bentuk yang berbeda sesuai dengan fungsinya. Besok sudah Idul Adha, tandanya Insya Allah akan ada daging kurban di rumah yang bisa dijadikan hidangan spesial. Untuk menyiapkan daging, tentu dibutuhkan pisau yang tajam agar proses memasak lancar.

Syarat utama pisau untuk memotong daging, antara lain adalah jenis pisau yang sesuai dan pasti tajam. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips seputar pisau yang wajib disimak sebelum menyiapkan dan membuat olahan dari daging.

Loading...

Gunakan jenis pisau yang sesuai

Pisau memiliki banyak bentuk dan jenis, jika ingin memotong daging maka gunakan pisau untuk daging, bukan pisau sayuran ataupun pisau buah. Pisau daging memiliki tingkat ketajaman yang lebih tinggi, hal ini mempermudah proses memotong daging. Jika pisau yang digunakan tajam maka daging akan mudah dipotong tanpa merusak seratnya. Penting jadi perhatian, pisau daging tak boleh digunakan memotong tulang.

Gunakan talenan yang sesuai

Saat memilih alas potong, pastikan memilih yang terbuat dari bahan yang lunak. Idealnya talenan yang baik terbuat dari kayu atau plastik. Penggunaan alat potong yang keras dari pisau seperti kaca dan granit akan mengikis ketajaman pisau dengan cepat. Jika pisau semakin sering digunakan untuk memotong di alas yang keras maka bagian ujungnya akan semakin cepat tumpul.

Simpan dengan benar dan asah secara rutin

Beberapa jenis pisau dilengkapi dengan sarung khusus. Gunanya untuk menjaga ketajaman pisau dan mencegah pisau menjadi karatan. Jika tidak punya sarung pisau maka cukup simpan di tempat kering yang terpisah dengan sendok serta garpu. Sebelum disimpan dan sebelum digunakan, ada baiknya pisau diasah secara rutin agar ketajamannya tetap terjaga. Jika pisau hendak disimpan dalam jangka waktu lama, usahakan untuk mengolesi permukaannya dengan sedikit minyak goreng. Tujuannya agar pisau terbebas dari karat dan jamur yang bisa menghinggapinya kapan pun.

 

 

Sumber : okezone




Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com