Diduga Geng Motor, 16 ABG Diamankan

Diduga Geng Motor, 16 ABG Diamankan
illustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Diduga anggota genk motor, 16 ABG berhasil diamankan dalam Operasi Pekat yang digelar Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polresta Pekanbaru Ahad (06/01/2013) dini hari tadi di beberapa titik lokasi yang diduga dijadikan tempat berkumpul sekelompok genk motor.

Pantauan RiauAktual.com di lapangan hingga pagi sekitar pukul 08.30 WIB, setelah 16 ABG yang diamankan diduga anggota genk motor menjalani pemeriksaan intensif di ruang riksa Sat Reskrim lantai tiga dan tidak ditemukan adanya dindikasi keterlibatan mereka dalam beberapa tindak pidana yang dilakukan sekelompok genk motor sebelumnya, akhirnya mereka dilepaskan yang sebelumnya seluruh orang tua mereka dipanggil dan membuat surat penyataan.

Penangkapan terhadap 16 ABG ini dilakukan sejak pukul pukul 01.30 WIB. Opereasi pekat dilakukan oleh sejumlah anggota Sat Reskrim pagi itu langsung dipimpin Kasat Reskrim Kompol Arief Fajar Satria SH SIk berawak bergerak kelokasi Stadion Rumbai di Jalan Yos Sudarso. Dari lokasi pertama, anggota tidak menemukan sasaran yakni sekelompok genk motor. Selanjutnya dari lokasi pertama, anggota kembali bergerak kelokasi kedua, yakni di Jalan Harapan Raya.

Di lokasi kedua sempat terjadi kejar-kejaran antara anggota dengan sekelompok ABG yang diduga genk motor yang mengetahui kedatangan sejumlah anggota Polisi berpakaian preman. Sayangnya tidak satupun dari mereka berhasil diamankan. Selanjutnya anggota bergerak ke Jalan Sudirman persisnya di sekitar lokasi MTQ dan Bandara Udara Sultan Syarif Kasim. Di lokasi ketiga anggota berhasil mengamankan beberapa ABG yang saat itu tengah memacu kendaraannya dalam kondisi sudah dimotifikasi dan menggunakan knalpot bising.

Dari lokasi ketiga, anggota kembali bergerak ke lokasi keempat, yakni di Jalan Diponegoro. Awalnya lokasi keempat saat dilalui anggota terlihat sunyi. Persisnya di depan RSUD Arifin Achmad terlihat sejumlah ABG dengan cara berkelompok melintas. Saat itu juga anggota langsung mengambil jalan pintas dan lansung memblokir jalan persis di depan ABG tersebut. Mengetahui di depan sudah ada sejumlah anggota Kepolisian ABG yang diduga genk motor tersebut kocar kacir kabur masuk ke dalam gang yang ada di sekitar Jalan Diponegoro.

Tak mau kehilangan buruan, anggota pun melakukan pengejaran satu persatu dari ABG tersebut. Sehingga beberapa ABG yang diduga genk motor berhasil diamankan dan dilakukan pengeledahan badan dan kondisi kendaraan yang dipakai saat itu. Karena kondisi kendaraan sudah tidak standar lagi, mereka yang terjaring malam itu berjumlah 16 orang langsung digiring ke Polresta Pekanbaru .

Hingga pukul 03.30 WIB Operasi Pekat berakhir setelah semua ABG yang terjaring dibawa ke Polresta. Berdasarkan data dirangkum pagi itu, hasil dari Operasi Pekat yang digelar, sebanyak 6 sepeda motor yang sudah dimodifikasi dan 16 ABG berhasil diamankan. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan anggota hingga pukul 04.30 WIB, tidak ditemukan adanya indikasi keterlibatan mereka dalam kasus tindak pidana yang sebelumnya dilakukan sekelompok genk motor.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Drs R Adang Ginanjar S MM melalui Kasat Reskrim Kompol Arief Fajar Satria SH SIk ketika dikonfirmasi pagi itu mengatakan, pihak kepolisian kususnya di jajaran Sat Reskrim tidak akan henti-hentinya melakukan penindakan terhadap sekelompok genk motor yang akhir-akhir ini sudah meresahkan masyarakat, apa lagi prilaku mereka sudah menjurus ketindak pidana.

"Setelah menjalani pemeriksaan, penyidik selanjutnya melakukan pemanggilan terhadap seluruh orangtuanya dan selanjutnya dihadapan orangtua mereka masing-masing, penyidik memberikan pengarahan dan membuat penyataan tidak akan mengulangi lagi perbuatan dan setelah itu mereka kita lepaskan," pungkasnya.

Reporter: RA11
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index