17 WNI Berhasil Dievakuasi dari Marawi

17 WNI Berhasil Dievakuasi dari Marawi
17 WNI Berhasil Dievakuasi dari Marawi (Foto: Dokumen Kemlu)

Riauaktual.com - Kementerian Luar Negeri RI bersama otoritas keamanan Filipina berhasil mengevakuasi 17 warga negara Indonesia (WNI) dari wilayah konflik di Marawi, Filipina Selatan. Kini ke-17 WNI tersebut akan segera dipulangkan ke Indonesia.

"KBRI Manila dan KJRI Davao berkoordinasi dengan otoritas keamanan Filipina telah berhasil mengevakuasi 17 WNI dengan selamat dari wilayah konflik di Filipina Selatan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir melalui keterangannya, Kamis (1/6/2017).

Pria yang karib disapa Tata itu mengatakan 11 WNI dievakuasi dari Marantao (20 km dari Marawi City), Provinsi Lanao del Sur dan 6 WNI dari Sultan Naga Dimaporo, Provinsi Lanao del Norte. Saat ini, 17 WNI tersebut dibawa ke bandara aman terdekat, Bandara Lagundingan, Mindanao Utara, untuk diterbangkan ke Davao City.

"Evakuasi dilakukan oleh dua tim berbeda setelah Menlu RI mendapat jaminan dari pemerintah Filipina untuk dilakukannya evakuasi," katanya, sebagaimana dikutip dari detik.com.

"Proses evakuasi dimulai sejak pukul 07.00 waktu setempat dan berlangsung selama satu hari. Evakuasi sempat tertunda karena situasi keamanan yang dianggap belum kondusif," sambung Tata.

Saat ini, ke-17 WNI sudah berada di KJRI Davao. Tata memastikan ke-17 WNI itu segera dipulangkan ke Tanah Air.

"Menlu RI memantau proses evakuasi dari waktu ke waktu untuk memastikan proses berjalan dengan aman dan selamat," ucapnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index