Pelibatan TNI perang lawan teror dapat dukungan

Pelibatan TNI perang lawan teror dapat dukungan
TNI

Riauaktual.com - Wakil Ketua Komisi I DPR-RI, Tubagus Hasanuddin mendukung pelibatan TNI dalam upaya perang melawan terorisme karena mempunyai kemampuan untuk melakukan berbagai tindakan taktis.

“Dalam proses penegakkan hukum, tahap penyelidikan dan penyidikan tentu hanya dapat dilakukan oleh aparat penegak hukum (kepolisian negara), tetapi dapat saja didukung oleh data-data intelijen yang akurat dari elemen aparat intelijen termasuk intelijen TNI,” kata Hasanuddin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa kemarin.

Menurut politisi PDIP itu, dalam hal perlindungan dan  penindakan, TNI juga memiliki satuan-satuan terlatih, antara lain, mampu memberikan perlindungan terhadap presiden, wapres, dan tamu negara. “Untuk represif, TNI dapat dikerahkan, misalnya, di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), laut bebas atau pembajakan pesawat umum,” katanya, sebagaimana dikutip dari rimanews.

Yang menjadi pertimbangan sekarang, menurutnya, adalah bagaimana mengkompilasikan semua kekuatan dengan tepat dan terkontrol. Ancaman teroris di Indonesia sudah semakin merisaukan, kita membutuhkan kerja sama yang erat dari semua elemen kekuatan bangsa.

“Dalam teori pemberantasan teroris, pada prinsipnya selalu menggunakan tiga kekuatan utama, yakni, penegakkan hukum, intelijen, dan militer kemudiaan dibantu unsur-unsur lainnya,” jelasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index