BMKG: Tercatat Ada 14 Kali Gempa Susulan di Sulteng

BMKG: Tercatat Ada 14 Kali Gempa Susulan di Sulteng
ilustrasi

Riauaktual.com - Gempa 6,6 skala Richter (SR) yang mengguncang Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada pukul 22.35 WITA, Senin (29/5) sempat membuat panik warga. Setelah itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 14 gempa susulan.

"Hasil monitoring BMKG hingga saat ini sudah terjadi 14 kali gempa bumi susulan. Gempa susulan paling kuat dengan magnitudo 5,2 dan secara umum kekuatannya menurun secara fluktuatif. Gempa bumi susulan tetap berpotensi terjadi namun dengan kekuatan yang lebih lemah," kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Selasa (30/5/2017).

Daryono mengatakan gempa 6,6 SR tersebut dirasakan kuat di Sedoa, Tawaelia, Wuasa, Tamadue, Paanto,Tokoronde, Lape, Torue dan Poso. Sisanya, gempa juga dirasakan dengan intensitas lebih rendah di Palu dan Sigi, serta di Toli-Toli, Pasang Kayu dan Tana Toraja.

"Dilaporkan ada 2 bangunan di wilayah Poso yang mengalami kerusakan. Namun sampai saat ini belum ada laporan adanya korban jiwa akibat gempa bumi ini. BMKG akan terus memantau informasi baik gempa bumi susulan maupun kerusakan bangunan dan infrastruktur lainnya," ucapnya, sebagaimana dikutip dari detik.com.

Daryono menyebut jika ditinjau dari kedalaman hiposentrumnya, gempa di Poso itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas tektonik lokal yang diduga berhubungan dengan aktivitas Palolo Graben. Akibatnya, magnitudo yang cukup besar dengan kedalaman dangkal ini dapat menyebabkan guncangan kuat.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index