RSJ Banda Aceh Jemput Pasien ke Rumah

RSJ Banda Aceh Jemput Pasien ke Rumah
M Ayyub yang mengalami gangguan jiwa. FOTO:Hasbi

ACEH (RA) - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Banda Aceh Rabu (12/12/2012) pagi tadi sekitar pukul 11.15 WIB menjemput pasien langsung ke rumah. Pasien dengan gangguan kejiwaan ini bernama Muhammad Ayyub (20) putra Nur'aini warga Gampong Mee Peuduk Kecamatan Tringgadeng Kabupaten Pidie Jaya.

Menurut keluarga Ayyub, pihaknya sangat berterima kasih kepada RSJ Kota Banda Aceh yang merupakan satu-satunya RSJ yang ada di Provinsi Aceh. Sebab, selama ini keluarga merasa kesulitan untuk mendapatkan pelayanan pengobatan untuk Ayyub.

"Kami sangat terharu dengan apa yang dilakukan RSJ Banda Aceh yang bersusah payah untuk menjemput Ayyub. Semoga anak kami bisa dirawat dengan baik dan diobati sehingga kembali sembuh lagi," ungkap Nur'aini ketika dikonfirmasi RiauAktual.com di kediamannya siang itu.

Menanggapi permintaan Nur'aini, salah seorang yang tergabung dalam tim penjemputan pasien itu Maskur mengatakan, memang dirinya yang meminta agar RSJ segera memberikan pengobatan kepada pasien yang berada di desa jauh dari pusat kota tersebut. Meskipun dengan fasilitas yang ada terbatas, namun pihaknya optimis akan mampu menyembuhkan dan memberikan pelayanan kepada pasien dengan semaksimal mungkin.

"Walaupun dengan serba kekurangan seperti tidak ada tempat khusus untuk penderita Deradasi Mental (DM) serta tidak ada tempat untuk anak-anak namun kita akan berusaha memberi pelayanan kepada penderita DM tersebut. Ini bentuk keseriusan kita memberikan pelayanan dan kepada pemerintah kita harapkan dapat menyediakan obat-obatan yang bermutu, jangan hanya obat yang setiap tahun sekarang tidak ada perubahan, karena mutu obat juga menjadi penunjang kesembuhan pasien," kata Maskur.

Sementara itu, mantan Direktur RSJ Banda Aceh Drs H Saifuddin dalam kesempatan tersebut juga ikut dalam penjemputan pasien mengatakan, kondisi penyediaan obat-obatan setiap tahun tak ada penggantian.

"Sudah lama saya minta bantuan tapi baru kemarin direalisasikan oleh pemerintah. Memang ini kewenangan kita sebagai rumah sakit, ini juga program saya semasa saya menjabat dulu. Semoga kedepannya pelayanan RSJ ini semakin membaik," pintanya. (RA13)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index