10 Pelamar Lulus Administrasi Dirut PDAM dan PD Pembangunan Pekanbaru

10 Pelamar Lulus Administrasi Dirut PDAM dan PD Pembangunan Pekanbaru
Asisten II Sekdako Pekanbaru, Zulkifli.

PEKANBARU (RA) - Setelah melakukan penerimaan calon Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak dan PD Pembangunan, selama kurang lebih dua bulan melalui sistem online, maka terjaring 10 calon Dirut PDAM dan PD Pembangunan yang lulus administrasi. Untuk menindaklanjuti 10 orang pelamar yang lulus administrasi tersebut, Senin (11/6) pagi Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru bersama Asisten II melakukan rapat bersama konsultan independent yang akan melakukan assesment kepada 10 pelamar yang telah lulus admnistrasi.

"Dari 13 pelamar PDAM yang ada kemarin itu, enam orang yang lulus aministrasi. Sementara untuk PD Pembangunan, kemarin ada enam yang melamar, tapi hanya empat orang yang lulus administrasinya. Maka total yang akan ikut tes psikologi dan wawancara itu ada 10 orang," ungkap Asisten II Sekdako Pekanbaru, Zulkifli ketika ditemui usai melakukan rapat.

Dikatakannya, psikologi tes dan wawancara akan dilakukan pada 14-15 Juni 2012. Diperkrakan pada akhir Juni telah diketahui siapa yang akan menjadi pimpinan PDAM dan PD Pembangunan. Karena yang akan diperlukan tiga orang untuk PDAM dan tiga orang untuk PD Pembangunan.

"Setelah dilakukan penilaian dan pengujian oleh tim konsultan independent, akan direkomendasikan tidak orang untuk PDAM dan tiga orang PD Pembangunan. Setelah direkomenasikan, maka Pak Wali yang akan menunjuk siapa yang layak. Pelamar yang lulus administrasi berasal dari Riau yang paling banyak, diantaranya dari Indragiri Hilir. Dari luar kota Jatim dan Padang," paparnya.

Konsultan independent yang melakukan assesment (Penilaian dan Pemeriksaan) terhadap 10 calon yang lulus adminstrasi, yang juga Ketua UKS Plus pelayanan psikologi YKPI Al Ittihad Hukum, Dra R Deceu Berlian Purnama MSi mengatakan, timnya tidak berwenang untuk memilih siapa yang menjadi Dirut PDAM dan PD Pembangunan, melainkan untuk melaukan penilaian dan pengkajian saja.

"Hari ini kita lakukan audiensi teknis dan kontent serta apa saja yang akan kita nilai, sehingga kita ketahui profil dari calon-calon Dirut ini. Tadi kita dengar juga aspirasi anggota dewan, mereka meminta agar pemilihan Dirut PDAM yang bisa membawa dua perusahaan ini untuk peningkatan pelayanan kepada publik," katanya.

Ditambahkannya, jika melihat kondisi Kota Pekanbaru, kebutuhan akan air bersih cukup tinggi. Sehingga PDAM dan PD Pembangunan ini dapat menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemko Pekanbaru.

"Kita akan lakukan tes, sebagaimana biasanya, kita ada tes leader ship, tes tertulis, dan intervew. Semua aspek itu akan kita nilai dan akan menentukan siapa yang akan menjadi Dirut dua perusahaan derah ini," pungkasnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index