Tapal Batas Pekanbaru dan Kampar Harus Segera Diperjelas

Tapal Batas Pekanbaru dan Kampar Harus Segera Diperjelas
ilustrasi

Riauaktual.com - Masih terkendalanya penentuan tabal batas antara dua wilayah yakni Kota Pekanbaru dan Kabupten Kampar berakibat terjadinya kendala-kendala dalam proses percepatan pembangunan di daerah-daerah perbatasan yang ada di Kota Pekanbaru saat ini.

Sekretaris Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Maspendri meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru agar segera melakukan percepatan dan penjelasan tapal batas antara Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar agar masyarakat tidak menjadi rancu masuk daerah mana tempat tinggal mereka.

"Tentunya kita minta Pemko untuk segera melakukan percepatan terhadap proses tapal batas wilayah Pekanbaru dan Kampar agar masyarakat tidak merasa kebingungan masuk daerah mana tempat tinggalnya, dan pembangunan di daerah perbatasan dapat berjalan maksimal," ucap Maspendri, Rabu (22/3).

Politisi PAN ini juga mengatakan adanya beberapa kendala yang terjadi dalam proses percepatan tapal batas yang terjadi selama ini yakni masalah data dari Badan Pertanahan Kota Pekanbaru yang belum diterima pihaknya di DPRD Kota Pekanbaru.

"Kita minta Badan Pertanahan Kota Pekanbaru untuk menyampaikan data daerah-daerah yang masuk dan menjadi masalah tapal batas. Dan mudah-mudahan secepatnya kita di DPRD Kota Pekanbaru akan berkoordinasi lagi dengan Badan Pertanahan Kota Pekanbaru untuk kejelasan tapal batas tersebut," tuturnya.

Maspendri juga menyebut, persoalan tapal batas bisa menjadi bumerang terhadap daerah yang berdampingan, dan ditakutkan akan menjadi konflik antar dua wilayah jika tidak kunjung di tuntaskan.

"Sebelumnya kan pernah terjadi juga antara Kampar dan Rokan Hulu, yang mana akhirnya terjadi bentrok antar dua kesatuan pengamanan daerah setempat, makanya ini harus diantisipasi dan jangan sampai terjadi lagi," tandasnya. (DWI)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index