Tanda HIV dan Mencegahnya

Tanda HIV dan Mencegahnya
illustrasi (int)

RiauAktual.com - Sejak ditemukan pertama kali pada 1981, HIV sudah menginfeksi lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia. Human Immunodeficiency Virus (HIV) menyerang dan menghancurkan sel CD4 limfosit T yang berperanan dalam sistem pertahanan tubuh manusia.
 
Bila seluruh sel CD4 limfosit T sudah terinfeksi dan pertahanan tubuh manusia sangat menurun sehingga menimbulkan berbagai gejala penyakit, maka orang tersebut masuk ke dalam keadaan yang dinamakan AIDS (Aquired Immunodeficiency Syndrome).
 
“HIV terutama ditularkan melalui cairan tubuh/darah antara orang yang terinfeksi dengan orang yang sehat. Beberapa faktor resiko tertular HIV antara lain hubungan seksual yang berisiko, penggunaan obat suntik yang sembarangan, ditularkan dari ibu ke anak saat kehamilan, dan tertusuk jarum suntik yang pernah digunakan oleh orang yang terinfeksi secara tidak sengaja,” kata tutur dr. I Made Cock Wirawan, S.Ked, dalam blog pribadinya.
 
Tanda dan Gejala
 
Pada stadium awal, orang yang terinfeksi HIV jarang sekali merasakan gejala apa apa. Bila ada maka gejala yang timbul lebih merupakan gejala flu biasa, seperti demam, nyeri tenggorokan, pembesaran kelenjar getah bening, dan bercak bercak kemerahan pada kulit.
 
Gejala lainnya, yakni nyeri otot dan persendian, diare, sakit kepala, mual, muntah, penurunan berat badan, dan sariawan.
 
“Saat penderita memasuki stadium kronis, baru akan muncul gejala yang lebih khas dan parah seperti sariawan yang banyak, bercak keputihan pada mulut, herpes zoster, ketombe yang parah, dan keputihan yang parah. Gejala lainnya seperti lemah, demam, keringat malam, diare, tidak bisa makan, sesak, pembesaran kelenjar getah bening, penurunan berat badan, dan gangguan psikis,” kata dokter yang biasa disapa Dekock ini.
 
Pemeriksaan/Diagnosis
 
Selain berdasarkan pemeriksaan fisik dengan memperhatikan gejala, maka pasien yang dicurigai menderita HIV positif selanjutnya dilakukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan (enzyme immunoassay)/ELISA untuk mendeteksi antibodi virus di dalam serum/darah. Pemeriksaan lainnya seperti pemeriksaan kadar sel CD4, HIV RNA dan lain lain dilaksanakan berdasarkan kebutuhan.
 
Pengobatan
 
Diungkapkan dr. I Made Cock, tujuan utama pengobatan adalah mencegah berkembang biaknya virus dan mencegah terjadinya penurunan kekebalan tubuh. Saat ini telah banyak dikembangkan obat untuk maksud tersebut meskipun tidak menghilangkan virus secara tuntas.
 
“Dan yang utama dari proses pengobatan ini adalah konseling sehingga penderita dapat menerima keadaannya dengan tabah, serta keluarga mengerti kondisi yang dihadapi oleh pasien dan memberikan dukungan atas pengobatan tersebut,” ungkapnya.
 
Pencegahan
 
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan HIV antara lain:
-  Dianjurkan untuk selalu mengganti jarum suntik bagi mereka yang kecanduan obat obatan.
-  Melakukan hubungan seksual yang aman dengan tidak bergonta ganti pasangan.
-  Menggunakan kondom bagi mereka yang suka berhubungan seksual yang berisiko.
-  Menaati tata cara perlindungan diri bagi mereka yang bekerja di bidang kesehatan.

(okehealth)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index