Jakarta-Surabaya dimungkinkan dilayani kereta cepat

Jakarta-Surabaya dimungkinkan dilayani kereta cepat
ilustrasi

Riauaktual.com -  Proyek revitalisasi jalur kereta api Jakarta-Surabaya yang awalnya hanya untuk kecepatan medium kini mungkin bisa ditingkatkan menjadi kereta cepat.

"Syaratnya kalau kereta cepat itu harus elevated," kata Menhub Budi Karya Sumadi seperti dikutip antara hari ini.

Pemerintah berharap proyek kereta sepanjang 888 kilometer ini bisa mulai dibangun tahun depan dan selesai pada akhir 2019. Menurut Luhut, pengerjaan proyek ini bisa cepat selesai karena struktur relnya sudah ada sebelumnya, tinggal penguatan saja.

Rencananya studi kelayakan (feasibility study/FS) proyek ini dilakukan akan segera dilakukan tahun depan. Studi yang dilakukan Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) dan pihak Jepang ini akan selesai dalam waktu enam bulan.

Budi menuturkan opsi ini ditawarkan karena saat ini untuk pengerjaan proyek jalur KA dengan kecepatan menengah masih menghadapi kendala banyaknya perlintasan sebidang hingga berjumlah 1.000 lintasan sepanjang Jakarta-Surabaya.

"Kalau medium speed  kita harus satu membuat double track (jalur ganda), yang kedua harus menghilangkan perlintasan sebidang, ketiga elektrifikasi," kata Budi.

Oleh karena itu, pemerintah akan memberikan kesempatan kepada Jepang sebagai investor untuk mengkaji kemungkinan perubahan itu.

"Jadi begini, idenya Bapak Presiden itu, makanya diberikan kesempatan kepada Jepang untuk memberikan proposal, Pak Presiden ingin tahu kalau medium speed atau high speed itu bagaimana," kata Budi.

Budi menjelaskan hal itu perlu dikaji lebih rinci karena merupakan proyek infrastruktur transportasi jangka panjang.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index