LG V20, flagship biasa yang luar biasa!

LG V20, flagship biasa yang luar biasa!
LG V20

Riauaktual.com - Di akhir 2016 lalu, LG meluncurkan smartphone flagship keduanya, yakni LG V20. Ketika pertama Anda membaca judul ini, tentu Anda sudah mencium aroma kontradiksi: flagship kok biasa?

Mari saya jelaskan mengapa di kesan pertama LG V20 terkesan biasa. Jadi, jika Anda cari desain yang sangat tipis di smartphone flagship ini, Anda tak akan dapat. Jika Anda cari smartphone anti air, tak akan dapat juga. Jika Anda punya tangan mungil, LG V20 mungkin terlalu besar untuk Anda. Lalu apa keunggulannya?

Meski tak terlihat luar biasa, LG V20 punya banyak sekali keunggulan yang bisa ditawarkan. Mari saya ceritakan pengalaman saya menggunakan LG V20.

Salah satu keunggulan dari LG V20 adalah layarnya yang cerah. mengusung IPS LCD dengan bentang 5.7 inci dan resolusi Quad HD, tentu LG V20 adalah mengusung layar paling cerah bahkan dibanding pendahulunya, LG G5. Setelah saya coba pun, di bawah sinar matahari warna yang diproduksi layarnya pun tetap cerah.

Berbicara soal warna, kecerahan dan 'kealamian' seharusnya tak jadi masalah bagi layar LG V20. Pasalnya, LG mengusung teknologi quantum display yang punya keunggulan soal kalibrasi warna yang lebih akurat. Soal akurasi ini pun sebenarnya agak rancu, pasalnya warna yang 'ingin kita lihat' belum tentu senatural apa yang layar LG V20 berikan. Jadi ini hanya masalah preferensi, mungkin layar AMOLED yang diusung iPhone 7 maupun Samsung Galaxy S7 punya kontras lebih baik, namun untuk memberi warna yang lebih natural, LG V20 bisa diandalkan.

Yang paling utama dari aspek layar adalah layar keduanya, atau secara lebih canggih disebut secondary display.

Layar yang sebenarnya bukan layar kedua, namun merupakan layar yang sedikit menjorok ke atas ini, adalah fitur yang sangat fungsional. Berfungsi utama layaknya layar 'hape' flip ketika hape tersebut ditutup, layar kedua ini memberi notifikasi ketika layar sedang off. Tak cuma itu, kita bisa dengan mudah mengakses aplikasi favorit, pindah dari mode sound ke mode silent tanpa harus menyalakan layar, dan juga memberi kelegaan karena pop-up notifikasi tak akan mengganggu kita.

Uniknya, ketika saya menanyakan fungsionalitas dari layar kedua ini kepada beberapa kolega saya, mereka terbagi dalam dua jawaban: ada yang bilang hal tersebut keren, dan ada yang menjawab biasa saja. Dari sini saya menyadari bahwa sebenarnya layar kedua ini tak terlalu mendesak untuk ada, namun dengan adanya layar kedua ini pengguna cukup terbantu di hal-hal tertentu. Ditambah, layar kedua ini membuat LG V20 jadi smartphone 'hipster' karena smartphone yang mengusung layar kedua tentu bisa dihitung jari.

Bagaimana menurut preferensi Anda soal kegunaan layar kedua ini? Jawab di kolom komentar ya.

Sound

Melenggang dari soal layar yang rupanya kontroversial bagus atau tidaknya, tak ada yang meragukan LG V20 soal sound.

Benar, performa audio dari V20 adalah salah satu yang terbaik di smartphone. Hal ini berkat teknologi Hi-Fi Quad DAC serta support untuk audio dengan resolusi 24-bit.

Fitur Quad DAC ini sendiri diklaim membuat audio yang kita dengarkan punya dynamic range yang luas, minim distorsi serta noise. Ketika saya coba dengan earphone lucu keluaran Bang & Olufsen yang kebetulan mendukung LG V20 pasar Asia, hal ini 100 persen terbukti. Audio yang dihasilkan dari lagu-lagu streaming lebih 'kaya' dan terasa lebih mewah didengarkan.

Software

Dari segi software yang berjalan di LG V20, flagship ini sudah menang banyak. Pasalnya, V20 adalah smartphone pertama yang menggunakan Android 7.0 Nougat langsung dari kardusnya. Tak perlu kita update-update lagi, sudah langsung Nougat. Dalam hal ini, Pixel dan Nexus 6P pun tak lebih dulu ketimbang LG V20.

Android 7.0 Nougat ini sangat menarik jika Anda suka mengutak-atik tampilan antarmuka. Anda bisa mengubah berbagai hal mulai dari ukuran huruf dan ikon aplikasi, dan opsi layar yang cocok dengan preferensi Anda.

Cukup soal tampilan, yang paling fungsional soal Nougat adalah bagaimana LG V20 jadi multitasker yang sangat efisien berkat Nougat. Nougat mendukung split display, jadi kita bisa nonton YouTube sambil nge-Tweet, meski dalam pengalaman saya tak semua aplikasi mendukung fitur Nougat ini. Multitasking pun lebih mulus karena chipset powerful Snapdragon 820 dipadu RAM 4GB.

Kamera

Jika kita menilik sejarah, peluncuran LG V20 mengambil waktu sebelum iPhone 7, meski jika disuruh menyebut gadget dengan dual camera, masyarakat akan lebih mudah menyebut iPhone 7. Meski demikian, perbedaan utama dari LG V20 dengan iPhone 7 cukup signifikan, pasalnya LG V20 mengusung kamera wide angle.

Formula dual camera dari LG V20 terdiri dari kamera utama beresolusi 16 MP dan kamera dengan sensor wide angle beresolusi 8MP. Sebenarnya yang lebih fungsional sebagai kamera adalah yang mengusung 16 MP. Karena selain mengusung resolusi lebih besar, image stabilizer dan juga bukaan yang besar yakni f/1.8, tentu hasil gambar akan otomatis baik meski di malam hari dengan cahaya minim.

Dalam menggunakan kamera LG V20 selama 2 minggu, sebagian besar foto yang saya ambil cukup baik. Namun ada beberapa masalah ketika menggunakannya dalam mode auto: pertama, exposure yang didapat tak selalu presisi, dengan beberapa kali over atau under exposure. Kedua, tone warna cerah agak kurang 'nyata.' Ketiga, seringkali ketika software kamera ingin mereduksi noise di pemotretan cahaya minim, agaknya noise reduction yang dilakukan agak 'berlebihan.'

Namun ketika menggunakan kamera wide angle, preferensi terhadap pengambilan gambar harus kita ubah secara signifikan. Karena alih-alih bagus secara fotografi, kata 'unik' lebih tepat untuk menggambarkan kamera wide angle ini. Melihat hasilnya, kamera wide angle ini mengingatkan kita pada action cam. Jadi, kita akan menggunakan kamera wide angle ini untuk hasil foto yang unik dan keren, alih-alih untuk hasil yang layak dalam aspek fotografi. Cocok untuk keindahan konten media sosial kita.

Kamera wide angle ini juga diusung LG V20 di kamera depannya dengan resolusi 5 MP.

Jika Anda suka, terdapat mode manual yang bisa memfungsikan LG V20 layaknya DSLR. Kita bisa mengatur berbagai mode sesuka kita, bahkan fokusnya pun bisa kita atur. Dengan ini, foto bisa lebih 'memuaskan'. (merdeka.com)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index