Dimodali Pemko Pekanbaru Rp20 M, PT SPP Kelola Transportasi Segera Lahir

Dimodali Pemko Pekanbaru Rp20 M, PT SPP Kelola Transportasi Segera Lahir
Firdaus MT

PEKANBARU (RA) - Upaya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk mendirikan Perseroan Terbatas (PT) akan diwujudkan menjelang Akhir tahun 2012 ini. Walikota Pekanbaru, Firdaus MT bahkan sudah menganggarkan penyertaan modal awal Rp20 Miliyar untuk PT baru tersebut. Pemko juga sudah merancang nama PT baru tersebut yang sedianya akan dinamai PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (PT SPP).

Firdaus kepada wartawan menyebutkan, rencana meningkatkan status PD Pembangunan menjadi PT dibatalkan, karena administrasinya panjang atau prosesnya membutuhkan waktu yang lama. "Peningkatan status PD Pembangunan menjadi PT mengingat keberadaan PT yang diperlukan secepatnya untuk pengelolaan transportasi, khususnya pengelolaan bus Transmetro Pekanbaru, yang akan dilakukan pengaktifan keenam koridor bus Transmetro Pekanbaru tahun 2013 mendatang. Saat ini tim penyusun draf Ranperda pembentukan PT baru tersebut sedang pembahasan. Untuk namanya belum dipastikan apakah akan memakai PT SPP atau tidak, tergantung pembahasan tim nantinya," ungkap Firdaus.

Menurut Firdaus, pembentukan PT baru ini ditargetkan menjelang tahun 2012 berakhir, karena untuk penyertaan modal awal untuk PT baru tersebut sudah direncanakan akan dimasukan ke dalam APBD 2013. "Kami targetkan Desember sudah disahkan, dan dalam APBD 2013 kami sudah rencanakan untuk menganggarkan penyertaan modal awal untuk PT baru tersebut sebesar Rp20 miliar. Artinya, rencana penyertaan modal ke PD Pembangunan Rp20 miliar pada APBD 2013 untuk pembelian bus dialihkan ke PT baru tersebut, karena PD Pembangunan batal ditingkatkan menjadi PT. Selain itu, bidang usaha yang ditangani PT baru ini adalah transportasi," jelas Firdaus. (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index