Pemko Pekanbaru Diminta Kelola Pasar Cik Puan

Pemko Pekanbaru Diminta Kelola Pasar Cik Puan
Sondia Warman SH

PEKANBARU (RA) - Terkait kelanjutan pembangunan Pasar Cik Puan yang telah dipercayakan Pemerintah Provinsi Riau untuk dikelola oleh Pemerintah Kota Pekanbaru harus dihargai. Dalam hal ini, wacana Pemko Pekanbaru untuk menyerahkan pengelolaan Pasar Cik Puan ini ke pihak ketiga dengan alasan untuk meringankan APBD, sangat ditentang oleh pedagang.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sondia Warman SH mengatakan, kedepan pengelolaan Pasar Cik Puan Pemko diminta membiayainya dengan APBD Pekanbaru, karena sesuai pertimbangan persiteruan kepemilikan lahan Pasar Cik Puan antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang selama ini menghambat, telah barakir dan telah diketahui Pemprov menyerahkan sepenuhnya pengelolaan pasar ini kepada Pemko Pekanbaru.

"Secara pribadi saya berharap agar tidak ada keraguan lagi dari Pemko dalam menganggarkan pembangunan pasar yang terbengkalai tersebut dengan dana APBD, Karena dari dulunya pasar tersebut telah dikelola oleh pemerintah, dan tidak lagi diwacanakan kepada investor atau pihak ketiga," ungkap Sondia ketika dikonfirmasi RiauAktual.com di gedung DPRD Pekanbaru, Senin (12/11/2012).

Politisi Partai Amanat Nasional ini juga menambahkan, Pemko Pekanbaru diminta meninjau kembali faedah baik buruknya yang dapat diambil dari pengelolaan pasar tersebut. Jika pengelolaan dilakukan oleh Pemko, maka akan berdampak baik kepada masyarakat khususnya pedagang, dimana pedagang akan mudah memperoleh lapak. Saat ini pengelolaan pasar juga diwacanakan dikelola oleh PD pasar. Namun jika dikelola oleh investor dengan alasan tidak lagi memberatkan APBD tentunya juga dapat diterima, namun apakah berfaedah kepada masyarakat pedagang nantinya atau tidak, inilah menurut Sondia yang menjadi perhatian bagi Pemko Pekanbaru.

"Dua-duanya harus ditinjau termasuk dikelola oleh Pemko sendiri dengan menggunakan dana APBD Pekanbaru, atau pihak ketiga. Itu kita hargai karena adanya niat Pemko untuk menarik investor untuk bekerjasama dengan pemerintah, namun melihat kesejahteraan pedagang tentunya perlu dipertimbangkan juga nantinya, meskipun dengan adanya minat investor tadi, menunjukan jika Kota Pekanbaru memiliki perkembangan yang baik saat ini," imbuhnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index