TVS Bakal Produksi Motor Listrik Roda Tiga di Indonesia

TVS Bakal Produksi Motor Listrik Roda Tiga di Indonesia
Pabrik TVS Motor Company Indonesia di Karawang, Jabar

RAGAM (RA) - Kedatangan Presiden Direktur PT TVS Motor Company Indonesia, V Thiyagarajan ke Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat 23 Desember 2016 kemarin ternyata punya misi.

Menurut Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, TVS Indonesia punya rencana memproduksi kendaraan listrik roda tiga di Indonesia.

"Mereka minta dukungan untuk meluncurkan motor listrik roda tiga. Dia bilang bulan Februari tahun depan mau diperkenalkan prototipenya," kata Putu, seperti dikutip dari viva.co.id.

Berdasarkan hasil pertemuan yang berlangsung secara tertutup itu, lanjut dia, rencananya kendaraan listrik roda tiga itu sedianya akan diproduksi di Tanah Air. Jadi menurutnya, produk baru dari TVS itu dirancang khusus untuk Indonesia.

"Jadi dia bilang bukan menjual produk yang ada di India, mereka (TVS) merancang untuk Indonesia," ungkapnya.

Rencananya kendaraan listrik roda tiga itu akan didistribusikan ke beberapa daerah tujuan wisata seperti Bali, Bengkulu dan Aceh. Untuk Jakarta sendiri tak didistribusikan lantaran pasar kendaraan roda tiga sudah tinggi.

"Jakarta ini sudah penuh di sini juga sudah ada yang lebih mapan kayak bajaj. Intinya cuma begitu saja mereka (TVS) minta dukungan Kemenperin untuk meluncurkan roda tiga listrik," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Presiden Direktur PT TVS Motor Company Indonesia, V. Thiyagarajan mengungkapkan pihaknya ingin memproduksi kendaraan listrik roda tiga di Tanah Air. Rencana peluncurannya kata dia, dilakukan akhir 2017.

"Prototipe sudah ada di India sedang diuji pasar dan sedang dikumpulkan feedbacknya jadi kemungkinan akhir tahun depan," kata Thiyagarajan.

Dia mengharapkan Kementerian Perindustrian mendukung rencana TVS Indonesia untuk memproduksi kendaraan listrik roda tiga di Tanah Air. "Kendaraan listrik roda tiga ini untuk penumpang, setelah itu kami juga akan launching kendaraan listrik roda tiga untuk kargo," katanya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index