Asteroid besar mendekati bumi

Asteroid besar mendekati bumi
ilustrasi

RIAUAKTUAL (RA) - Empat asteroid besar bergerak mendekati bumi pada hari ini. Keempat asteroid tersebut mendekati bumi bahkan ada yang berukuran diameter 260 meter dengan kecepatan 13 kilometer per detik.

"(Asteroid) 2006XD2 merupakan asteroid yang cukup besar. Jika asteroid itu menghantam Bumi, maka akan menimbulkan cukup kerusakan," kata peneliti planet Dr Detlef Koschny seperti dikutip Daily Mail, dan dilansir dari rimanews hari ini.

Dua asteroid lainnya belum diketahui berapa ukurannya dan jaraknya dengan bumi. Dua asteorid itu hanya diberi nama 2010XN dan 2015YQ1.

Asteroid yang paling dekat dengan bumi bernama 2006LH berjarak sekitar 2,4 kilometer dari bumi.

Kendati demikian, asteroid ini memiliki ukuran yang terbilang lebih kecil yakni berdiameter 45 meter atau setara dengan paus biru di lautan.

Beruntung dari keempat benda angkasa itu tak ada satupun yang yang akan memberikan dampak terhadap Bumi. "Kita selamat," kata Dr Detlef Koschny.

Sebagaimana diketahui, setiap bulannya terdapat lusinan asteroid yang mendekati Bumi di dalam area monitoring 7,5 kilometer dari Bumi. Namun, keempat asteroid tersebut diakui Koschny merupakan asteroid yang sangat langka. Lebih dari 60.000 asteroid yang diketahui saat ini, 10.000 di antaranya merupakan asteroid yang memiliki jarak terdekat dengan Bumi. Meski kesempatan untuk menghantam Bumi tergolong kecil, upaya pelacakan asteroid tersebut masih dibutuhkan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index