Penanganan Banjir Tak Boleh Putus Setiap Tahun

Penanganan Banjir Tak Boleh Putus Setiap Tahun
Anggota Komisi IV, Zulfan S.RA1

PEKANBARU (RA) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pekanbaru diminta memiliki konsep penganganan banjir yang jelas. Sehingga persoalan banjir dan genagan air di Kota Pekanbaru disaat musim hujan tak lagi terjadi.

Demikian dikatakan Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru, Zulfan Sulaiman kepada RiauAktual.com saat berbincang di ruang kerjanya, Senin (05/11/2012). Menurut Zulfan, Dinas PU harus memprioritaskan penanganan masalah banjir ini.

"Meskipun diprioritaskan, tidak berarti seluruh anggaran Dinas PU diarahkan untuk penangan banjir seperti pembangunan drainase saja, melainkan Dinas PU lebih membesarkan porsi untuk masalah banjir ini, seperti perbaikan selokan yang ada hingga pembangunan drainase agar genangan air itu tidak lagi terjadi. Dengan demikian, setiap tahun program ini harus jalan dan setiap tahun titik-titik genangan air ini harus berkurang," ungkap Zulfan.

Ia juga menambahkan, selama ini tidak kurang dari 10 titik genangan air selalu menjadi keluhan warga. Seperti di depan Eka Hospital, Simpang Tabek Gadang, dan banyak lagi ruas jalan di Kota Pekanbaru yang tergengang air di saat hujan mengguyur Ibu Kota Provinsi Riau tersebut.

"Setiap musim hujan ini selalu menjadi pembicaraan kita. Kedepan kita berharap agar Dinas PU lebih maksimal lagi menuntaskan banjir ini. Dengan program yang jelas mengupayakan mengurangi titik genangan air setiap tahunnya. Karena memang kita akui untuk masalah banjir ini tak bisa selesai dalam satu tahun. Dinas PU lah yang memprogramkan, genangan ini terjadi karena ada cekungan, bicarakan, apakan cekungan ini ditimbun agar tak ada gengan air lagi, atau dibuatkan salurannya," papar Zulfan lagi. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index