Dishub Diminta Tegas Berikan Sanksi Parkir di Pedestrian

Dishub Diminta Tegas Berikan Sanksi Parkir di Pedestrian
Wakil DPRD Pekanbaru, Sahril SH

PEKANBARU (RA) - Kondisi parkir di Kota Pekanbaru saat ini semakin semraut tak tertata. Seperti yang terjadi di Jalan Jendral Sudirman tepatnya di sekitaran Mall Pekanbaru pedestrian yang seharusnya diperuntukkan pejalan kaki, dijadikan lahan parkir oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Mananggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Sahril SH menegaskan, kepada Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru diminta lebih tegas dalam menertibkan lokasi perparkiran tersebut. Hal yang dapat dilakukan, menurut Sahril yakni, dengan mengumpulkan semua pengelolah parkir dan menegaskan kepada pengelolah parkir atau koordinator parkir, agar menginstruksikan kepada petugas parkir melarang pengendara parkir di pedestrian jalan.

"Kalau hal itu dilakukan Dishub, saya kira tak mungkin petugas parkir berani lagi membiarkan pengendara parkir di pedestrian jalan. Kalau sudah diinstruksikan koordinator ke petugas untuk tidak mengarahkan pengendara parkir di pedestrian, tapi masih ada yang lolos parkir di atas pedestrian yang seharusnya untuk pejalan kaki tersebut, maka petugas parkir harus diproses oleh koordinator parkir," ungkap Sahril ketika dikonfirmasi RiauAktual.com di gedung DPRD Pekanbaru, Jum'at (02/11/2012).

Dikatakan politisi Partai Golkar itu, kepada Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru untuk dapat melakukan koordinasi secepat mungkin dengan Polantas untuk menertiban parkiran yang tidak pada tempatnya. Jika dibiarkan berlarut-larut, untuk menata kembali akan menjadi masalah baru. Hak bagi para pejalan kaki sudah diatur dalam UU No 22 tahun 2009 dan ini mesti dilakukan oleh instansi terkait.

"Pemko Pekanbaru sebenarnya sudah menyediakan tempat parkir dan tempat para pejalan kaki, artinya jangan lagi pengelola parkir memakai pedestrian sebagai tempat parkir kendaraan, kalau ini yang terjadi tentu akan sangat mengganggu dari hak-hak pejalan kaki serta bertentangan dengan UU yang ada," pungkasnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index