Sistem Drainase Buruk, Pekanbaru Jadi Langganan Banjir

Sistem Drainase Buruk, Pekanbaru Jadi Langganan Banjir
Banjir di Simpang Tabek Gadang, Panam. RA1

PEKANBARU (RA) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pekanbaru harus bekerja ektra untuk mengatasi masalah banjir yang terjadi di Pekanbaru selama ini, karena saat ini Pekanbaru selalu mengalami kebanjiran saat hujan datang. Hal ini diungkapkan oleh Anggota komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, H Said Usman Abdullah ketika berbincang dengan RiauAktual.com di Kantor DPRD Pekanbaru, Selasa (30/10/2012).

"Saat ini sudah musim penghujan dan kita lihat Pekanbaru masih tergenang banjir, kita minta dinas PU untuk bekerja keras mengatasi masalah banjir ini. Ironisnya lagi, kebanjiran ini justru terjadi di depan kantor Walikota  dan kantor pemerintahan lainnta yang semestinya tidak terjadi kalau dinas PU mampu mengantisipasinya. Banyak faktor penyebab kebanjiran di Pekanbaru, diantaranya drainase yang buruk, pendangkalan anak sungai, penggalian kabel fiber optik yang tidak mempunyai planing yang tepat," katanya.

Said juga mengatakan, Dinas Pekerjaan umum harus bekerjasama dengan stake holder lain seperti tata kota guna mengatasi kebanjiran ini, sehingga pekanbaru tidak lagi menjadi langganan banjir setiap musim hujan tiba. Dinas PU harus menertibkan pengalian kabel fiber optik yang juga bisa menyebabkan kebanjiran, dimana pihak ketiga yang di tunjuk oleh PU tidak punya planing dalam melakukan pengalian fiber optik ini. Harus ada MOU dengan pihak ketiga yang melakukan pengalian fiber optik, karena pengalian fiber optik sembarangan mengakibatkan saluran air terganggu.

"Selanjutnya masalah pendangkalan anak sungai yang juga menyebabkan banjir, dimana anak sungai di Pekanbaru sudah dipenuhi sampah dan pasir, saat kita hearing dengan dinas PU mereka mengatakan bahwa alat berat tidak bisa masuk, ini kan bukan alasan. Kalau tidak bisa dengan alat berat, kan bisa dengan manual mengunakan manusia. Maka dari itu tidak ada lagi alasan PU untuk mengatasi banjir di Pekanbaru ini," imbuhnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index