HUT Rohil ke-17 Dimeriahkan Bakti Sosial

HUT Rohil ke-17 Dimeriahkan Bakti Sosial
Bupati Rohil saat menghadiri kegiatan bhakti sosial operasi katarak di RSUD Pratomo.

BAGANSIAPIAPI (RA) - Hari Ulang Tahun Rokan Hilir ( HUT-Rohil ) ke-17 yang jatuh pada 4 Oktober 2016 mendatang dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-44 diisi dengan berbagai kegiatan salah atunya bakti sosial operasi katarak untuk 200 masyarakat kurang mampu bekerja sama dengan Lion Club Indonesia Sabtu (17/9), di RSU RM Pratomo Bagansiapiapi.

Bupati Rohil H. Suyatno meninjau langsung pelaksanaan operasi katarak gratis, pelaksanaan menurutnya kerja sama pemerintah daerah, PKK dan Lion Club.

"Kerja sama ini sudah dibuktikan untuk masyarakat. Yaitu, operasi katarak. Kita sudah melihat langsung jalanya operasi, bagaimana masyarakatnya sudah dioperasi, begitu gembiranya sekali masyarakat. Kelihatan sudah matanya, kedua-duanya, kelihatan jelas, terang benderang, melihat fenomena alam yang mungkin selama ini mereka belum merasakan, tapi berkat operasi katarak, ini telah mereka rasakan, target yang hanya 200, menjadi lebih,” ujar Suyatno diwawancara usai peninjauan.

Pihaknya tetap meningkatkan kerjasama dengan Lion Club atau club-club yang lain, agar masyarakat yang menderita katarak serta penyakit lainnya mendapatkan pengobatan atau operasi secara gratis.

“Saya minta lebih ditingkatkan lagi jumlah masyarakat yang terkena katarak itu (yang dioperasi gratis, red). Dari sini kita sudah buktikan, 200 target, sekarang lebih. Saya mintak kedepan, itu lebih 300,” katanya.

Makanya Suyatno mengaku sudah konsultasi dengan pihak Gubernur Distrik 307-A2 Indonesia Lion Club, Anggota DPRD Provinsi Riau Siswadja Muljadi, ternyata tidak hanya operasi katarak gratis, tapi juga pemberian kaca mata gratis dan seminggu kemudian pengobatan akupuntur 24 September 2016 di Sekolah Setia Budi.

Anggota DPRD Provinsi Riau, Siswadjad Mulyadi menjelaskan, pemerintah telah membuat program pengobatan melalui sejumlah program, mulai BPJS, Jamkesmas, namun sekarang pihaknya melakukan kerja sama dengan pihak swasta.

“Masalah membangun negeri ini banyak sumber, pertama APBD, sumber-sumber lain, pihak swasta, CSR perusahaan, sebagai bentuk sumber-sumber keuangan yang akan membangun negeri ini. Semua harus digali. Sekarang terus terang, kita bisa kerja sama dengan Lion Club, mereka punya anggaran, mereka punya skill, kemampuan, mereka punya fasilitas, ya kenapa ngak, tujuan kita sama, bagaimana memberi pelayanan kepada masyarakat, mensejahterakan masyarakat,” ujar Siswadja.

Ketua Tim Penggerak PKK Rohil, Wan Mardiana didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Lena Puspasari menjelaskan, pihak Lion Club menghubungi PKK untuk kerja sama melaksanakan operasi katarak. “Kan 200, pihak Lion Club kan 100, yang 100nya kami yang mencari donaturnya, PKK dan organisasi lainnya,” ujarnya.

Pihak lain dimaksud yang berpartisipasi dalam kegiatan itu, Bank Riau Kepri, Bank BRI, Dharma Wanita Persatuan, GOW, BAZ termasuk sejumlah SKPD.

“Insya Allah akan berkelanjutan. Tahun depan juga, harapan kita, target kita akan lebih banyak lagi, kita kan 200 lebih, mungkin tahun depan bisa 300. Sasaran seluruh masyarakat yang tidak mampu di Kabupaten Rokan Hilir,” sebutnya.

Ketua Panitia Pelaksana, dr Tribuana Tungga Dewi, M.Kes melaporkan, lebih 200 masyarakat kurang mampu mendapatkan pelayanan operasi katarak secara gratis. (hms)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index