Juara Eropa Tumbang di Swiss

Juara Eropa Tumbang di Swiss
Pemain Swiss, Breel Embolo (7) mengekspresikan kegembiraan setelah menjebol gawang Portugal dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2018, di Stadion St Jak
RAGAM (RA) - Juara Piala Eropa 2016, Portugal, mengawali kiprah mereka di kualikasi Piala Dunia 2018 dengan hasil buruk. Tandang ke markas Swiss, skuat asuhan Fernando Santos itu menyerah 0-2 (0-2), di Stadion St Jakob, Basel, Selasa(6/9) atau Rabu dini hari WIB.
 
Hasil ini membuat Portugal untuk sementara bertengger di posisi terakhir klasemen Grup B Zona Eropa. Sementara Swiss memimpin grup. Di tempat lain pada grup yang sama, Latvia memetik kemenangan 1-0 di Andorra sementara Kepulauan Faroe sukses menahan imbang Hongaria tanpa gol.
 
Ini merupakan pertandingan resmi pertama Portugal setelah menyandang status sebagai juara Piala Eropa 2016. Portugal tampil tanpa diperkuat sang kapten, Cristiano Ronaldo yang masih menjalani pemulihan dari cedera yang didapatnya di final Piala Eropa 2016, Juli lalu.
 
Dalam formasi 4-3-3, di barisan depan mereka menurunkan Santos menurunkan Bernardo Silva, Nani dan Eder, pencetak gol kemenangan Portugal di final Piala Eropa melawan Prancis. Di barisan tengah pelatih menurunkan Adrien Silva, William Carvalho, dan Joa Moutinho.
 
Sementara di kubu Swiss, pelatih Vladimir Petkovic menurunkan formasi 4-2-3-1. Haris Seferovic turun menjadi striker unggal ditopang Breel Embolo, Blerim Dzemaili, dan Admir Mehmedi. Valon Behrami dan Granit Xhaka berposisi di depan empat bek.
 
Tuan rumah berhasil mencetak gol saat pertandingan memasuki menit ke-24 melalui aksi Embolo. Pemain berusia 19 tahun dan bermain untuk klub Schalke ini berhasil menyundul bola dari depan gawang menyambut sebuah umpan dari tendangan bebas.
 
Swiss hanya butuh waktu enam menit untuk menambah keunggulan. Kali ini gol dilesakkan pemain yang juga berkiprah di Bundesliga Jerman Admir Mehmedi.
 
Striker Bayer Leverkusen ini mencetak gol dari depan gawang menyambut umpan Seferovic. Aksi pemain Swiss berdarah Albania ini menjadi gol terakhir dalam pertandingan yang dipimpin wasit Antonio Mateu Lahoz dari Spanyol ini.
 
Portugal sempat memasukkan Joao Mario dan Ricardo Quaresma ada babak kedua menggantikan William Carvalho dan Moutinho. Kehadiran keduanya memang mampu membangkitkan serangan tim tamu. Beberapa peluang juga mereka ciptaan namun gagal membuahkan gol. 
 
Susunan pemain:
 
Swiss (4-2-3-1):
1. Yann Sommer; 2. Stephan Lichtsteiner (6. Silvan Widmer 69), 20. Johan Djourou, 22. Fabian Schar, 13. Ricardo Rodriguez; 11. Valon Behrami, 10. Granit Xhaka; 7. Breel Embolo, 15. Blerim Dzemaili (16. Gelson Fernandes 88), 18. Admir Mehmedi; 9. Haris Seferovic (19. Eren Derdiyok 77).
 
Portugal (4-3-3):
1. Rui Patricio; 21. Cedric Soares, 3. Pepe, 6. Jose Fonte, 5. Raphael Guerreiro; 8. Joao Moutinho (20. Ricardo Quaresma 67), 14. William Carvalho (10. Joao Mario 46), 23. Adrien Silva; 11. Bernardo Silva, 9. Eder (Andre Silva 46), 17. Nani.
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index