Inilah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan

Inilah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan
ilustrasi

RAGAM (RA) - Tahukah anda dengan temulawak? Ya, tanaman obat yang mempunyai nama latin curcuma xanthorrhiza ini, merupakan salah satu jenis tanaman obat yang mempunyai segudang khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Jenis tanaman obat yang bentuk dan warnanya hampir mirip dengan kunyit tersebut, mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia pada rimpangnya, antara lain berupa fellandrean dan turmerol, atau yang sering disebut minyak menguap. Selain itu, tanaman obat ini, juga mengandung minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan an kurkuminoid.

Kurkuminoid sendiri terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang bermanfaat menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan. Sedangkan minyak atsiri menyimpan khasiat untuk meningkatkan produksi getah empedu dan menekan pembengkakan jaringan.

Manfaat Temulawak

Jeni tanaman obat yang di beberapa daerah sering disebut koneng gede ini mempunyai segudang manfaat, diantaranya:


Mengatasi Kanker

Jenis tanaman obat ini ternyata juga mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit kanker. Seperti kanker payudara, usus, dan prostat. Berdasarkan jurnal ilmiah “The Prostate” , diketahui bahwa kandungan curcumin dalam temulawak, dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Sementara, The University of Maryland Medical center menjelaskan, membuat hipotesis bahwa curcuma bekerja menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker.

Mengatasi gangguan pencernaan

Jika anda punya riwayat penyakit gangguan pencernaan, maka tak ada salahnya mencoba tanaman obat yang satu ini. Berdasarkan penelitian dari clinical gastroenterology and hepatology pada tahun 2006, menyatakan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan pada ulcerative colitis, penyakitnya semakin membaik dengan mengkonsumsi suplemen temulawak secara teratur. Oleh karena itu, bagi para penderita saluran pencernaan seperti perut kembung, dyspepsia, dan indisgestion, cobalah suplemen tersebut.

Meringankan osteoarthritis

Selain mampu mengobati sakit kanker dan gangguan pencernaan, ternyata temulawak juga mampu meredakan peradangan, seperti osteoarthritis. Sebagai bukti, hal ini sudah dilakukan masyarakat India sejak ribuan tahun yang lalu.

Lebih lanjut, tumbuhan yang dikenal juga dengan sebutan curcuma ini, ternyata juga dapat mengobati berbagai jenis penyakit lain, dengan cara diolah menjadi jamu. Adapun berbagai jenis penyakit yang dapat disembuhkan antara lain, sakit limfa, sakit ginjal, sakit pinggang, mengobati asma, sakit Kepala dan masuk angin, mengobati sakit maag, sakit perut, menghilangkan bau amis sewaktu haid, memperbanyak produksi ASI, memacu ASI yang macet, kesulitan buang air besar, mengobati sembelit, serta menambah nafsu makan. Nah, sudah tau kan manfaatnya? coba saja biar tahu efeknya.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index