Cegah kolesterol dan penyakit jantung dengan konsumsi sawi putih

Cegah kolesterol dan penyakit jantung dengan konsumsi sawi putih
sawi

RAGAM (RA) - Siapa yang tidak tahu daun sawi? Ya, daun berwarna putih dan hijau ini, selain biasa digunakan sebagai bahan membuat sayuran dan campuran makanan cemilan seperti bakso dan mie ayam, ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Sawi yang berwarna putih, memiliki kadar zat bes tinggi serta mengandung magnesium. Selain itu, kandungan Vitamin E dan Vitamin C juga dipercaya sangat baik mencegah kolesterol serta penyakit jantung. Sawi juga mengandung niasin yang berfungsi memperkecil proses ateroskerosis, dan akhirnya menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung.

Selain bisa bisa mencegah kolesterol dan penyakit jantung, sekelompok tumbuhan dari marga brasicca yang daun atau bunganya biasa dimanfaatkan sebagai bahan pangan ini, juga dapat mencegah oesteroporosis. Hal ini karena kandungan vitamin K dalam sawi, dapat mengatur protein tulang dan kalsium di dalam tulang.

Tak hanya itu, sawi putih atau yang dikenal dengan nama lain petsai ini, ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kornea mata agar selalu sehat. Hal ini karena sawi putih mempunyai kandungan Vitamin A, yang bisa membuat sel epitel akan mengeluarkan keratin, yaitu protein yang tidak larut dalam air dan bukan mucus. (merdeka.com)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index