Banjir Telan Korban Jiwa, Zainal: Ini Pelajaran Bagi Masyarakat dan Pemerintah

Selasa,18 Juni 2019 - 16:50:20 WIB

Riauaktual.com - Korban jiwa akibat banjir yang melanda Kota Pekanbaru pada Selasa (18/6/2019) pagi jadi duka mendalam bagi keluarga masyarakat. 

Atas peristiwa ini juga, kalangan legislatif di DPRD Kota Pekanbaru berharap bisa dijadikan pelajaran semua pihak baik bagi masyarakat dan Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Tentunya kita sangat prihatin atas musibah ini, tentunya peristiwa ini dijadikan pejaran buat kita semua termasuk buat pemerintah, bagaimana solusi dan langkah kedepan yang bisa diambil agar peristiwa serupa tidak terulang kembali," ucap Zainal Arifin, anggota DPRD Kota Pekanbaru, Selasa (18/6/2019).

Menurut pengamatan Zainal Arifin selama menjabat sebagai wakil rakyat, persoalan banjir di Pekanbaru saat ini merupakan persoalan komplit yang perlu diatasi dengan serius.

"Seperti penyakit banjir ini persoalan yang komplikasi, untuk itu harus diatasi dengan serius dan melibatkan semua pihak, mulai dari masyarakat, Pemko dan Pemrov harus duduk bersama," Beber Zainal lagi.

Bagi masyarakat, Lanjut Zainal budaya gotong royong perlu ditingkatkan dan kesadaran buang sampah pada tempat dan waktu yang ditentukan perlu diterapkan dengan maksimal, sehingga tidak ada sampah yang menumpuk dan menyumbat saluran air atau drainase.

Sementara untuk Pemerintah Kota dan Pemrov Riau diharapkan duduk bersama mencarikan solusi agar persoalan banjir bisa segera teratasi.

"Pemerintah Kota misalnya DPMTSP kita mibta lebih selektif dalam memberikan izin bangunan, apapun itu bentuknya harus dikaji betul, karena selama ini juga tidak melibatkan rt rw atau lurah tahu-tahu udah berdiri aja ruko dan yang parah lagi tidak ada sumur resapan air, alangkah baiknya didepan ruko itu jangan disemen semua supaya air bisa turun kebawah bukan langsung kejalan," Pungkas Zainal. (pur)