Ikuti Pemantapan Paten

70 Camat dan Lurah Pekanbaru ke Yogya

70 Camat dan Lurah Pekanbaru ke Yogya
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Sebanyak 70 Camat dan Lurah se Kota Pekanbaru melakukan kunjungan kerja guna pemantapan pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten) ke Kota Yokyakarta.

Selama dua hari para Camat dan Lurah ini akan belajar tentang pengalihan wewenang Walikota kepada Lurah dan Camat dalam pelayanan satu pintu. Hal ini mengacu kepada Permendagri no 4 tahun 2010 tentang paten.

Demikian dikatakan Kabag Humas Pemko Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Selasa (6/3/2014). Ingot mengatakan, dipilihnya Kota Yogyakarta sebagai acuan, pasalnya Yogyakarta sudah berhasil menjalankan amanat Permendagri no 4 tahun 2010, yang notabene akan diberlakukan tahun 2015.

"Kunjungan ini merupakan program kegiatan pemko yang dilaksanakan bagian Tata Pemerintahan (Tapem) sesuai dengan rapat koordinasi Camat beberapa waktu lalu," ujar Ingot.

Dijelaskan Ingot, dalam kunjungan ini para Lurah dan Camat akan belajar tata cara pelayanan administrasi terpadu kecamatan. "Dipilihnya Yogya karena sudah menerapkan itu dan dinilai baik, ini juga untuk mempersingkat jarak dan tempat pelayanan terpadu. Mudah-mudahan di Kelurahan hampir semua keperluan masyarakat dalam hal pelayanan bisa dilakukan tanpa harus tandatangan Walikota," tandasnya.

Rombongan Lurah dan Camat ini dipimpin oleh Asisten I M.Noer dan Kabag Tapem Irma Nofrita. Ditambahkan Ingot, meski para Camat dan Lurah berangkat, namun pelayanan di masyarakat tidak boleh terganggu.

"Kemarin sebelum camat berangkat semua sekretaris camat dan sekretaris lurah sudah diperintahkan untuk sementara menggantikan tugas camat dan lurah. Sehingga pelayanan tetap berjalan," tambahnya. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index