Tahun Depan Pemko Pekanbaru Bertekad Dongkrak PAD

Tahun Depan Pemko Pekanbaru Bertekad Dongkrak PAD
Walikota Pekanbaru FIrdaus MT. FOTO: rrm

PEKANBARU, RiauAktual.com - Tahun 2014 mendatang Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bertekad bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) di semua sektor. Keseriusan ini terlihat dari pembahasan rapat PAD yang dipimpin Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, Kamis (12/12/2013).

Menindak lanjuti laporan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memperoleh target PAD, seperti Dinas Kesehatan, DKP, Dinas Pasar,BPT, Dispenda, dan sebagainya, Walikota mengambil kesimpulan bahwa PAD belum keseluruhannya maksimal.

"Makanya tahun depan SKPD diminta lebih aktif lagi untuk meningkatkan PAD dari berbagai sektor baik retribusi, pajak maupun Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah," ujarnya.

Untuk NJOP para Camat Dan Lurah juga dimintakan agar jujur mencantumkan harga tanah. Karena ini berpengaruh terhadap penerimaan pajak daerah. Wako juga mengevaluasi PAD beberapa pasar pemerintah yang selama ini masih disubsidi oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) seperti Pasar Rumbai.

Ia meminta agar UPTD berupaya menekan biaya-biaya pengelolaan pasar yang tidak perlu sehingga memperkecil subsidi. Dari laporan UPTD Pasar Rumbai, tahun 2013 ini pemko masih harus mengeluarkan subsidi sekitar Rp480 juta.

"Penerimaan Pasar Rumbai saat ini hanya 250 juta sementara biaya 730an juta, maka  ada subsidi Pemko sebesar 480 juta," urai Wako. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index