Wako Pekanbaru Lobi Kementrian PU

Wako Pekanbaru Lobi Kementrian PU
Walikota Pekanbaru, H Firdaus ST MT

PEKANBARU (RA) - Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Pekanbaru, Walikota Pekanbaru Firdaus MT melakukan lobi khusus dengan Kementrian Pekerjaan Umum (PU).

Firdaus ke Jakarata di dampingi Dinas PU Kota Pekanbaru menemui Dirjen Cipta Karya yang di wakili Direktorat air bersih kemarin pada Rabu (21/11/2012) kemaren membuahkan harapan.

Firdaus mengakui sudah melakukan pembicaraan terkait percepatan  perbaikan managemend dan pembangunan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak baik jangka menengah dan jangka panjang.

"Jangka pendek kita upayakan antara kementrian PU,Pemprov dan Pemko untuk sistem air minum regional. Juga untuk meningkatkan kinerja PDAM dan  percepatan pelayanan air minum bagi masyarakat berpenghasilan rendah," katanya, Jum'at (23/11/2012).

Ia juga menjelaskan untuk penerapan di lapangan bagi perbaikan fisik PDAM akan ada share dana APBN, APBD Provinsi dan Kota. Ia mencontohkan seperti di Pekanbau sudah punya cikal bakal air bersih dengan kapasitas isntalasi 40 juta perdetik. Meski hingga kini belum berfungsi, tahun 2013 Tirta Siak akan berfungsi lagi.

"Untuk perbaikan jaringan pipa ini akan ada sharing budget ada pipa yang diperbaiki pemerintah pusat, ada tanggung jawab provinsi dan ada Pekanbaru kita berupaya akan dioperasikan tahun 2013, meski lobi ini dilakukan namun kerjasama dengan investor Korea tetap dijalin untuk mengatasi kebutuhan air bersih di Pekanbaru buat jangka pendek.  (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index