Dalam HUT Pekanbaru, Pemko Bersiap Luncurkan Pustaka Digital

Dalam HUT Pekanbaru, Pemko Bersiap Luncurkan Pustaka Digital
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Jika tidak ada aral melintang, Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru, berencana akan segera meluncurkan program pustaka digital bersempena hari Jadi Pekanbaru ke 232 yakni tanggal 23 Juni mendatang.

"Pelucuran digital ini untuk menarik minat yang semakin menurun. Hal ini disebabkan perubahan zaman, dimana masyarakat ini yang praktis. Sehingga kita perlu melakukan terobosan baru yakni  pustaka digital, yang bisa diakses melalui android," ujar Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Pekanbaru, Nelfioyona, ketika ditemui, Selasa (21/6) di DPRD Kota Pekanbaru.

Menurut Yona, untuk di Riau, bahkan Sumatra baru Pekanbaru yang akan meluncurkan program semacam ini.

"Di Riau, bahkan Sumatra kalau tak salah. Baru Pekanbaru yang memiliki pustaka digital, kita sendiri belajar dari pustaka digital milik Pemprov DKI. Dengan pustaka digital, masyarakat tidak perlu lagi datang ke pustaka dan cukup membaca melalui android saja," papar Yona.

Sementara ini, menurut Yona lagi ada lebih dari 4000 koleksi buku yang bisa dibaca melalui pustaka digital milik Pemkko Pekanbaru dengan nama web I pekan.

"Kita mendapat sumbangan buku dari salah satu operator seluler yang ada di Pekanbaru. Buku-buku yang ada di pustaka digital terdiri dari berbagai buku,"tambah Yona.

Lebih jauh Yona menargetkan dengan pustaka digital ini, keinginan membaca masyarakat Pekanbaru bisa meningkat. Sebab membaca adalah jendela ilmu yang tiada batas. (YAN)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index