Ketua MPR : Try Sutrisno Direncanakan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Ketua MPR : Try Sutrisno Direncanakan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran
Ketua MPR RI, Ahmad Muzani

JAKARTA (RA) - Ketua MPR RI, Ahmad Muzani mengungkapkan Wakil Presiden keenam Jenderal (Purn) TNI Try Sutrisno bakal menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden yang akan berlangsung pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Muzani menyatakan hal tersebut setelah bersama pimpinan MPR RI lainnya bersilaturrahmi untuk mengantarkan undangan pelantikan presiden dan wakil presiden yang akan berlangsung pada 20 Oktober mendatang sekaligus memperkenalkan komposisi pimpinan MPR periode 2024-2029.

“Beliau menyampaikan, Insya Allah akan hadir. Tentu ini merupakan kegembiraan dan syukur bagi kami, sebab beliau sudi hadir,” ujar Muzani di kediaman Try Sutrisno di Jalan Purwakarta, Menteng, Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Kepada Sekjen Gerindra itu, Try Sutrisno, menyampaikan pesan agar Pancasila dipertahankan sekuat tenaga dan tidak boleh digeser dengan alasan apapun. Termasuk pentingnya peran MPR dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Empat Pilar MPR.

MPR berkomitmen menjaga Pancasila bersama seluruh bangsa Indonesia. Selain itu, Try Sutrisno juga meminta agar Pembukaan UUD tidak diubah dengan alasan apapun. NKRI juga diminta untuk dipertahankan.

"Bapak Try Sutrisno memberi masukan kepada MPR mengenai amandemen UUD perlu dipertimbangkan dengan matang. 
Jika ada amandemen, misalnya terkait GBHN yang kini menjadi PPHN, hal tersebut diharapkan dapat menjadi penyempurna dan penguatan konstitusi, " katanya. 

Muzani menilai Try Sutrisno sebagai sosok yang sangat concern  terhadap penyelenggaraan sistem kenegaraan dan pemerintahan.

“Beliau ingin amandemen sebagai jalan untuk mengembalikan sistem pemerintahan sesuai tujuan para pendiri bangsa. Beliau tak ingin amandemen dilakukan, malah menjauhkan bangsa ini dari cita-cita para pendiri bangsa,” katanya.

#DPR/MPR RI

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index