Cegah Rabies, Dinas PKH Riau Vaksinasi 13.212 Hewan Peliharaan di 11 Kabupaten/Kota

Cegah Rabies, Dinas PKH Riau Vaksinasi 13.212 Hewan Peliharaan di 11 Kabupaten/Kota
Ilustrasi

Riauaktual.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau terus berupaya mencegah penularan rabies dari hewan peliharaan kepada manusia. Hingga saat ini, sebanyak 13.212 hewan peliharaan di Riau telah mendapatkan suntikan vaksin anti rabies.

Program ini berlangsung sejak awal tahun lalu dan melibatkan kerjasama dengan dinas peternakan di setiap kabupaten/kota di Riau.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas PKH Riau, Faralinda Sari, menyatakan bahwa vaksinasi tersebut mencakup berbagai jenis hewan peliharaan seperti anjing, kucing, serta beberapa jenis primata yang berpotensi menularkan rabies.

"Sejak awal program, kami telah memberikan vaksin rabies kepada 13.212 hewan peliharaan, tersebar di 11 kabupaten/kota di Riau," jelasnya.

Ia juga menjelaskan rincian jumlah hewan yang telah divaksinasi. "Sebanyak 5.936 anjing, 80 primata, dan 7.195 kucing sudah mendapatkan vaksin anti rabies. Kami juga melakukan vaksinasi terhadap hewan liar yang berpotensi menularkan virus rabies," tambah Faralinda.

Lebih lanjut, ia memaparkan distribusi vaksinasi di beberapa kabupaten/kota di Riau. Di Kabupaten Kuantan Singingi, sebanyak 171 hewan telah divaksinasi, sementara di Indragiri Hulu mencapai 1.486 ekor, Indragiri Hilir 474 ekor, dan Pelalawan 776 ekor. Kabupaten Siak mencatat 1.363 ekor hewan telah divaksinasi.

"Untuk Kabupaten Kampar, ada 1.878 ekor yang telah divaksin, Rokan Hulu 1.031 ekor, Bengkalis 58 ekor, Rokan Hilir 143 ekor, Pekanbaru sebanyak 5.199 ekor, dan Dumai 633 ekor," jelasnya lebih lanjut.

 

#Kesehatan

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index