Current Date: Jumat, 20 September 2024

HUT Kelenteng, Kapolres Inhil Ajak Jaga Kerukunan Jelang Pilkada

HUT Kelenteng, Kapolres Inhil Ajak Jaga Kerukunan Jelang Pilkada
HUT Kelenteng, Kapolres Inhil Ajak Jaga Kerukunan Jelang Pilkada

Riauaktual.com - Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan menghadiri acara malam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kelenteng Ze Nan Miao ke 47 tahun 2024, Rabu malam (18/9), di Jalan Gerilya Kelurahan Tembilahan Hulu. 

Acara HUT Kelenteng Ze Nan Miao tersebut juga dimanfaatkan Kapolres Inhil dengan silaturahmi dan imbauan kepada tokoh masyarakat lintas agama menyambut Pilkada ceria, rukun dan damai.

Dalam keterangan tertulisnya kepada pers, jelang pilkada Kabupaten Inhil ada beberapa hal yang wajib diwaspadai. Mulai dari benyebaran berita hoaks, radikalisme bahkan isu SARA.

Untuk itu, pihaknya melakukan berbagai upaya dalam mencegah hal tersebut. Mulai dari counter opini terhadap pemberitaan hoaks, melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh muda untuk mencegah opini yang telah meluas dengan giat cooling system agar tidak menimbulkan kegaduhan dimasyarakat.

"Kita juga melakukan mapping terhadap basis massa yang berpotensi menimbulkan kericuhan atau kegaduhan," jelas AKBP Budi.

Selain itu, pihaknya juga berupaya meredam situasi pemicu terganggunya Kamtibmas yang melibatkan ulama dan tokoh masyarakat lainnya sebagai upaya coolling system. Himbauan masyarakat agar menghindari penyebaran konten-konten yang dapat menimbulkan kegaduhan dalam pilkada.

"Dalam menginisiasi upaya mediasi penanganan konflik sosial, kepada instansi terkait agar menyelesaikan perkara dengan hasil yang win-win solution, sehingga tidak menimbulkan pertikaian lanjutan dikemudian hari," tutupnya.

Kegiatan HUT Kelenteng Ze Nan Miao juga dihairi PJ Bupati Inhil H. Erisman Yahya, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Mikuncoro Jati, Ketua dan Pembina yayasan Budhi Bakti, Kapolsek Tembilhan Hulu, AKP Ricki Marzuki, Ibu-ibu PKK Kabupaten Inhil, Tokoh agama Budha dan warga Tionghoa di Kabupaten Inhil.

#COOLING SYSTEM

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

COOLING SYSTEM

Index

Berita Lainnya

Index