Didominasi Jalur Zonasi, Disdik Pekanbaru Pastikan Hari Pertama PPDB Tak Ada Kendala

Didominasi Jalur Zonasi, Disdik Pekanbaru Pastikan Hari Pertama PPDB Tak Ada Kendala
Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, memastikan pada hari pertama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri Tahun 2024 tidak ada kendala. PPDB dilaksanakan dengan sistem online mulai, Rabu (26/6) kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, saat hari pertama PPDB online dilaksanakan belum ada kendala jaringan. Pihaknya mendata, ada ribuan calon peserta didik yang telah mendaftar ke sejumlah SMP Negeri.

Hingga kini situs PPDB Pekanbaru masih dapat diakses. Para orangtua calon peserta didik bisa mendaftar lewat laman situs https://pekanbaru.siap-ppdb.com hingga 30 Juni 2024.

"Masyarakat tidak perlu khawatir kita siapkan opsi. Kalau padam listrik atau rusak server tentu kita perpanjang jadwal pendaftaran," kata Abdul Jamal, Kamis (27/6).

Ia menuturkan, selama ini tidak pernah ada gangguan server dalam PPDB SMP di Kota Pekanbaru. Jamal menyebut gangguan selama ini belum sampai membuat sistem PPDB tidak berfungsi sama sekali.

Server tersebut disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pihaknya sudah menyediakan tenaga ahli untuk mengoperasikan sistem itu.

Pihaknya memastikan sampai saat ini situs itu masih bisa diakses. Para calon peserta didik atau orangtua bisa konsultasi kepada operator sekolah jika menemukan kendala.

"Kalau terkendala saat mendaftar bisa datang ke sekolah. Kita sudah siapkan operator di sekolah untuk membantu," terangnya.

Jamal menjelaskan, jalur zonasi mendominasi pada hari pertama PPDB tingkat SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Jumlah calon peserta didik yang mendaftar lewat jalur zonasi ke seluruh SMP yang ada di Pekanbaru pada hari pertama mencapai 5.397 orang.

Sedangkan kuota zonasi untuk seluruh SMP di Pekanbaru hanya 6.667 orang. Sementara total jumlah pendaftar untuk seluruh jalur mencapai 6.426 orang. Tim nantinya melakukan verifikasi dan validasi terhadap dokumen para calon peserta didik seiring bertambahnya jumlah pendaftar.

Para orang calon peserta didik jangan khawatir ketika ada pergeseran ranking dalam dua hari ini. Pergeseran itu seiring bertambahnya pendaftar sehingga orangtua calon peserta didik bisa memantau dari laman situs PPDB.

"Kami mengimbau kepada orangtua calon peserta didik jangan khawatir dengan pergeseran ranking dalam dua hari ini," ucap Jamal.

Menurutnya, orangtua sebaiknya menanti pengumuman resmi setelah tahapan pendaftaran tuntas. Apalagi pihaknya siap menerima keberatan setelah hasil PPDB diumumkan.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index