Bakal Uji Struktur, Pembangunan Pasar Cik Puan Berlanjut Tahun 2025

Bakal Uji Struktur, Pembangunan Pasar Cik Puan Berlanjut Tahun 2025
Bangunan Pasar Cik Puan dalam kondisi terbengkalai

Riauaktual.com - Pembangunan gedung Pasar Cik Puan kembali dilanjutkan pada tahun 2025. Pembangunan berlanjut setelah mendapat persetujuan dari Kementerian PUPR pasca mangkrak sejak tahun 2012 silam. 

Rencananya kementrian bakal menggelontorkan anggaran hingga Rp80 miliar untuk membangun kembali pasar itu. Pasar itu nantinya diperkirakan dapat menampung seribu pedagang.

"Kita perkirakan sesuai proposal, untuk membangun kembali pasar ini mencapai Rp 80 miliar," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Jumat (14/6). 

Pihaknya sudah punya konsep pasar berlantai dua ini. Ia menyebut pasar itu tidak sekedar jadi tempat berjualan.

"Namun juga menjadi tempat beraktivitas bagi masyarakat, mereka diharapkan bisa memanfaatkan bangunan tersebut," terang Ami, sapaan akrabnya. 

Ami menyebut, Pasar Cik Puan Pekanbaru akan dilakukan uji struktur sebelum pembangunan dilanjutkan. Hasil uji struktur bangunan fisik menjadi salah satu syarat agar bangunan pasar bisa dibangun kembali.

"Nantinya ada uji struktur, guna memastikan konstruksi bangunan yang lama masih kayak atau tidak," jelasnya. 

Selain itu ada sejumlah persyaratan sebelum pembangunan pasar ini berlanjut. Syarat lainnya yaitu audit oleh BPKP terhadap anggaran yang sudah terserap dalam pembangunan pasar itu.

Audit akan dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari audit keuangan serta audit struktur bangunan sehingga bisa dipastikan total anggaran untuk melanjutkan pembangunan Pasar Cik Puan.

"Kita sudah lakukan ekspos awal dihadapan BPKP, nantinya untuk uji struktur sedang diproses PUPR Kota Pekanbaru," pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index