Pemko Pekanbaru Segera Cairkan Anggaran Pilkada Tahap II

Pemko Pekanbaru Segera Cairkan Anggaran Pilkada Tahap II
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa

Riauaktual.com  - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mendukung penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Berbagai persiapan telah dilakukan mulai dari anggaran hingga pengamanan. 

Hal itu disampaikan langsung Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa saat melakukan kordinasi dengan KPU Pekanbaru, Rabu (12/6). Kordinasi ini terkait kesiapan penyelanggaraan pilkada serentak tahun 2024 di Kota Pekanbaru.

"Kami dari pemerintah kota tentu siap mendukung pilkada serentak di Pekanbaru, terutama dari sisi penganggaran," kata Pj Wako Pekanbaru Risnandar Mahiwa. 

Pemerintah segera menyalurkan anggaran tahap II untuk pilkada serentak. Ada sekitar 60 persen anggaran lagi bakal digelontorkan sesuai dengan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) tahun 2023 silam.

Ia menuturkan, total dana hibah yang digelontorkan untuk penyelenggaraan Pilwako tahun ini mencapai Rp 76 miliar. Penggelontoran dana hibah sudah dilakukan sebanyak 40 persen anggaran pada Desember 2023 lalu. Rencananya untuk dana hibah tahap II ini dicairkan pada Juli mendatang. 

"Segera kita cairkan, dalam waktu dekat segera ditransfer ke rekening KPU Pekanbaru," terangnya. 

Risnandar berharap nantinya pilkada serentak di Kota Pekanbaru berjalan dengan baik. Ia optimis setelah penyelenggaraan pilpres dan pileg berlangsung tanpa konflik.

"Maka pemko pun bakal fokus memastikan kesiapan pilkada serentak, pemko siap mendukung pilkada serentak," jelasnya. 

Pemerintah kota juga berkoordinasi dengan pihak terkait jelang pilkada serentak. Ia ingin memastikan stabilitas keamanan di Kota Pekanbaru jelang pilkada.

"Kita akan berupaya menahan stabilitas politik, Kita menjaga kepercayaan masyarakat," pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index