Banyak Aduan, Pj Wako Pekanbaru Evaluasi Pengelolaan Sampah

Banyak Aduan, Pj Wako Pekanbaru Evaluasi Pengelolaan Sampah
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa

Riauaktual.com - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, mengevaluasi pengelolaan sampah yang berjalan saat ini. Pihaknya mengevaluasi kinerja pihak ketiga operator pengangkutan sampah. 

Evaluasi dilakukan seiring pengelolaan sampah yang dilakukan dinilai belum optimal. Hal ini terlihat dari masih banyaknya ditemukan tumpukan sampah di beberapa Tempat Penampungan Sementara (TPS). 

Selain tumpukan sampah di TPS resmi, masalah lainnya juga bermunculan TPS liar di sejumlah ruas jalanan Kota Pekanbaru. Risnandar Mahiwa mengakui, bahwa selama dua pekan bertugas di Kota Pekanbaru memang banyak laporan dari masyarakat seputar tumpukan sampah.

"Dalam dua minggu saya bekerja, tentunya ada laporan masyarakat, saya respons, beberapa langsung kami respons," kata Pj Wako Risnandar Mahiwa, Minggu (9/6). 

Pihaknya mengevaluasi permasalahan terkait tumpukan sampah ini. Dirinya juga bakal melihat langsung kinerja operator angkutan sampah dari berbagai sisi. Salah satunya melihat dari sisi kebijakan.

Kemudian bakal melihat dari sisi kebutuhan sarana dan prasarana. Ia akan melihat seperti apa kesiapan personel pengangkutan sampah hingga SOP kerja.

Risnandar mendorong agar operator angkutan sampah lebih meningkatkan kinerja. Walau ia menilai pengangkutan sampah saat ini sudah cukup memadai

"Kalau jalan sekarang cukup memadai, tetapi perlu kita tingkatkan," terangnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengakui pihaknya sudah melakukan evaluasi terhadap kinerja PT. BRS sebagai operator angkutan sampah.

Salah satu yang menjadi catatan yaitu keterlambatan pengangkutan sampah dari TPS ke tempat pembuangan akhir atau TPA.

Ada juga sejumlah target yang tidak dicapai oleh operator setiap hari dalam proses pengangkutan sampah. Kondisi ini disebabkan oleh sejumlah faktor seperti kemacetan lalu lintas.

Ingot mendorong proses pengangkutan sampah sudah tuntas pada pukul 08.00 WIB. Target ini sesuai dengan jadwal buang sampah setiap hari yaitu pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Pengangkutan terakhir sudah tuntas pada pukul 05.00 WIB. Proses ritasi pengangkutan sampah di TPS bisa berlangsung pukul 00.01 WIB atau pukul 02.00 WIB.

Proses pengangkutan sampah diharapkan bisa tuntas pukul 05.00 WIB. Sehingga bisa mengurangi dampak penumpukan sampah.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index